Tutup Iklan

HARI PEDULI SAMPAH : Warga Semarang Hasilkan 1.000 Ton Sampah Sehari

HARI PEDULI SAMPAH : Warga Semarang Hasilkan 1.000 Ton Sampah Sehari

SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (kiri), saat menghadiri peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Simpang Lima, Semarang, Minggu (25/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati ratusan orang bersih-bersih sampah di arena CFD Simpang Lima, Semarang.

Solopos.com, SEMARANG – Sebanyak 1.000 ton sampah dihasilkan warga Kota Semarang setiap harinya. Angka itu diperoleh berdasar data sampah yang masuk setiap harinya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang, Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengaku jumlah sampah yang masuk di TPA Jatibarang itu tergolong banyak. Meski demikian, pihaknya terus melakukan pengelolaan agar sampah yang dihasilkan bisa diolah menjadi barang yang bermanfaat.

“Dari 1000 ton sampah yang masuk ke TPA Jatibarang, 350 kg sampah di antaranya diolah menjadi komposit. Dalam pengolahan itu kita dibantu PT Naropati sebagai pihak ketiga,” ujar pria yang akrab disapa Hendi itu saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Minggu (25/2/2018).

Hendi menambahkan selain diolah sebagai komposit, sampah yang tertampung di TPA Jatibarang juga diolah sebagai gas metan untuk disalurkan kepada 200 keluarga yang berdomisili di sekitar wilayah Jatibarang.

“Dalam pengolahan kita juga bekerja sama dengan Kerajaan Denmark agar sampah tersebut bisa diolah menjadi listrik. Selain itu, kita juga berencana membuat proyek insenerator. Tapi, masih Perpres-nya karena digugat Walhi [Wahana Lingkungan Hidup Indonesia],” ujar Hendi.

Sementara itu, pada peringatan HPSN itu Hendi bersama ratusan orang dari komunitas peduli sampah turut membersihkan sampah yang berserakan di kawasan Simpang Lima yang saat itu juga digunakan sebagai arena car free day.

Selain Hendi, aksi bersih sampah di Simpang Lima juga diikuti Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati.

Acara yang digelar Pemkot Semarang dan KLHK itu juga turut dihadiri pengiat lingkungan sekaligus Putri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata.

[Baca juga Nadine Candrawinata Ikut Bersihkan Sampah di CFD Simpang Lima]

“Menurut saya Semarang sudah bersih. Pengelolaannya sampahnya sudah baik. Cukup pantas menjadi contoh kota-kota lain yang ingin terlihat bersih dan rapi,” ujar Nadine di sela aksi bersih sampah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Bek Turki Minta Maaf Seusai Timnya Kalah dari Wales di Hadapan Erdogan

Bek tim nasional Turki Umut Meras menyampaikan permintaan maaf setelah timnya kalah 0-2 melawan Wales dalam lanjutan Grup A Euro 2020.

Jangan Ikut Salah Paham soal 5G, Baca Ini!

Pemerintah baru-baru ini mengumumkan warga negara Indonesia bisa menikmati generasi kelima atau 5G teknologi seluler, jangan gagap teknologi!

Turki 0-2 Wales: The Dragons Buka Kans ke 16 Besar

Wales berpeluang besar lolos ke fase gugur apakah sebagai dua tim teratas klasemen maupun jadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Setelah Cristiano Ronaldo viral karena memindahkan botol Coca-Cola dalam konferensi pers Euro 2020, Paul Pogba menyingkirkan bir Heineken.

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Peneliti Universitas Yale Temukan Virus Flu Tangkal Virus Corona

Peneliti di Universitas Yale menemukan fakta rhinovirus, penyebab flu biasa dapat melindungi manusia dari virus corona penyebab Covid-19.

Copa America 2021 Ketambahan 11 Kasus Covid-19

Copa America, turnamen Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol), diserang Covid-19.

Berbekal Smartphone Atau Tablet Bisa Jadi Pengusaha Lewat Alfamind 

Alfamart melalui Alfamind menawarkan peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi digital bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha.

Covid-19 di Jateng Tambah Parah, Pasien Tambah 1.884 Orang

Serangan virus corona di Jawa Tengah bertambah parah, bahkan Dinas Kesehatan Jateng mencatat penambahan 3.107 Covid-19 dalam sehari.

Ronaldo Singkirkan Botol Sponsor Euro 2020, UEFA Tutup Mulut

Cristiano Ronaldo memindahkan dua botol Coca-Cola dalam konferensi pers di Stadion Puskas Ferenc di Budapest, Hongaria dan viral di medsos.

Xiaomi Rilis Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Yuk Intip Kelebihan & Harganya!

Vendor ponsel pintar asal China, Xiaomi, meluncurkan varian Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra yang harus Anda cermati kelebihan dan harganya.