HARI PEDULI SAMPAH : Warga Semarang Hasilkan 1.000 Ton Sampah Sehari

HARI PEDULI SAMPAH : Warga Semarang Hasilkan 1.000 Ton Sampah Sehari

SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (kiri), saat menghadiri peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Simpang Lima, Semarang, Minggu (25/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati ratusan orang bersih-bersih sampah di arena CFD Simpang Lima, Semarang.

Solopos.com, SEMARANG – Sebanyak 1.000 ton sampah dihasilkan warga Kota Semarang setiap harinya. Angka itu diperoleh berdasar data sampah yang masuk setiap harinya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang, Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengaku jumlah sampah yang masuk di TPA Jatibarang itu tergolong banyak. Meski demikian, pihaknya terus melakukan pengelolaan agar sampah yang dihasilkan bisa diolah menjadi barang yang bermanfaat.

“Dari 1000 ton sampah yang masuk ke TPA Jatibarang, 350 kg sampah di antaranya diolah menjadi komposit. Dalam pengolahan itu kita dibantu PT Naropati sebagai pihak ketiga,” ujar pria yang akrab disapa Hendi itu saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Minggu (25/2/2018).

Hendi menambahkan selain diolah sebagai komposit, sampah yang tertampung di TPA Jatibarang juga diolah sebagai gas metan untuk disalurkan kepada 200 keluarga yang berdomisili di sekitar wilayah Jatibarang.

“Dalam pengolahan kita juga bekerja sama dengan Kerajaan Denmark agar sampah tersebut bisa diolah menjadi listrik. Selain itu, kita juga berencana membuat proyek insenerator. Tapi, masih Perpres-nya karena digugat Walhi [Wahana Lingkungan Hidup Indonesia],” ujar Hendi.

Sementara itu, pada peringatan HPSN itu Hendi bersama ratusan orang dari komunitas peduli sampah turut membersihkan sampah yang berserakan di kawasan Simpang Lima yang saat itu juga digunakan sebagai arena car free day.

Selain Hendi, aksi bersih sampah di Simpang Lima juga diikuti Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati.

Acara yang digelar Pemkot Semarang dan KLHK itu juga turut dihadiri pengiat lingkungan sekaligus Putri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata.

[Baca juga Nadine Candrawinata Ikut Bersihkan Sampah di CFD Simpang Lima]

“Menurut saya Semarang sudah bersih. Pengelolaannya sampahnya sudah baik. Cukup pantas menjadi contoh kota-kota lain yang ingin terlihat bersih dan rapi,” ujar Nadine di sela aksi bersih sampah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor Sport Kecelakaan di Jl. Slamet Riyadi Solo, 1 ABG Luka Parah

Kecelakaan lalu lintas melibatkan 2 sepeda motor dan 1 mobil terjadi di Jl. Slamet Riyadi di timur Simpang Ngarsopuro, pada Selasa (11/5/2021) malam.

Batik Qur'an di Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Batik Qur'an di Laweyan, Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.