SOLOPOS.COM - Sungai di depan Kantor Perum Perhutani KPH Madiun yang airnya berwarna hitam dan penuh sampah, Selasa (25/8/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

Hari Peduli Sampah Nasional diperingati dengan kegiatan “Aksi #Clean Up Nasional”.

Madiunpos.com, MADIUN — Pengguna akun Facebook Fermans Noel Telussa, Selasa (5/1/2016), mengunggah seruan di grup Facebook Paguma (Paguyuban Madiun). Dia mengajak semua lapisan masyarakat di seluruh  Indonesia, termasuk di Kota Madiun dan Kabupaten Madiun untuk mempersiapkan diri terlibat dalam gerakan #IndonesiaBebasSampah2020 pada Hari Peduli Sampah Nasional, Minggu (21/2/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Mengajak seluruh lapisan masyarakat yang merasa manusia dan bukan binatang [yang terbiasa membuang sampah sembarangan] pada tanggal 21 Februari [2016] aksi bersama pada Hari Peduli Sampah Nasional untuk membangun kepedulian dan kebersamaan terhadap lingkungan sekitar kita… Salam Gotong Royong dan Salam Hijau… Rahayu…,” tulis Fermans Noel Telussa yang sekaligus mengunggah tautan artikel.

Pantauan Madiunpos.com, Fermans Noel Telussa mengunggah artikel yang termuat di laman Bergerak.bebassampah.id. Di dalam laman tersebut, dijelaskan Hari Peduli Sampah Nasional dicetuskan atas peristiwa longsornya gunungan sampah dari TPA Leuwi Gajah sehingga menimbun dua perkampungan warga dan menewaskan ratusan orang pada 21 Februari 2005. Semenjak bencana tersebut, 21 Februari dinobatkan pengingat kondisi persampahan di Indonesia.

“Bentuk kegiatan berupa Aksi #CleanUpNasional, yaitu berjalan dari suatu titik ke titik laim sambil membersihkan dan memilah sampah. Gerakan ini juga didukung dengan menggunakan aplikasi Android phiRUNtrophy, setiap 1 kilometer berjalan/berlari yang tercatat, akan ditularkan menjadi donasi dari sponsor sebanyak Rp2.000,- untuk portal www.bebassampah.id,” tulis di dalam laman Bergerak.bebassampah.id menjelaskan gerakan #IndonesiaBebasSampah2020.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya