SOLOPOS.COM - Bupati Gunungkidul Badingah saat menjadi inspektur upacara dalam acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Pantai Baron, Desa Kemadang, Tanjungsari, Jumat (24/2/2017). (Foto istimewa)

Hari peduli sampah di Gunungkidul mengambil tema nenek moyangku seorang pelaut bukan pembuang sampah di laut

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melakukan penanaman 10.000 bibit pohon. Program reboisasi dilakukan sebagai upaya mendukung pengembangan pariwisata yang nyaman dan lestari.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul Khairudin mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan tersebar di sejumlah titik, mulai dari kawasan sepanjang pantai, juga menyasar di kawasan perkotaan. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya penghijauan sehingga kelestarian lingkungan di Gunungkidul dapat terus dijaga.

“Harapannya dengan kegiatan ini, warga jadi sadar dan semakin peduli terhadap  lingkungan sekitar,” kata Khairudin kepada wartawan, Jumat (24/2/2017).

Dia menjelaskan, hari peduli sampah pada tahun ini mengambil tema nenek moyangku seorang pelaut bukan pembuang sampah di laut. Menurut Khairudin, tema itu diambil sebagai bentuk komitmen terhadap masalah sampah yang dikaitkan dengan pengembangan wisata bahari.

“Pasti akan kami dukung. Apalagi di Gunungkidul wilayah pantai menjadi destinasi unggulan,”katanya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Salah satunya dengan menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kita harus jaga karena kebersihan lingkungan juga menjadi faktor penting dalam pengembangan parisiwata di Gunungkidul,” kata Badingah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya