SOLOPOS.COM - Poster Film Trashed (creativemove.com)

Hari Peduli Sampah Nasional diperingati 21 Februari. Earth Hour adakan nonton bareng film Trashed.

Solopos.com, SOLO – Komunitas peduli lingkungan Earth Hour Solo mengadakan acara nonton film Trashed di Gedung Kesenian Sriwedari, Solo, Sabtu (21/2/2015). Kegiatan itu digelar untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, 21 Februari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Puluhan mahasiswa dan masyarakat umum turut menyaksikan film tersebut sambil duduk di lantai.

Film dokumenter garapan sutradara Jeremy Irons itu pada bagian awal menceritakan persoalan sampah di beberapa negara di dunia seperti Inggris dan Libanon.

Diceritakan, jumlah sampah di dunia dari hari ke hari semakin bertambah.

Padahal sampah yang membusuk akan mengakibatkan persoalan baru yang membahayakan ekosistem alam dan kehidupan manusia, misalnya munculnya zat-zat kimia yang berbahaya bagi manusia.

Pada bagian berikutnya film mengungkapkan tentang apa yang bisa dilakukan manusia agar jumlah sampah di dunia tidak semakin banyak.

Salah satu caranya dengan menggunakan sampah sebagai bahan bakar pembangkit tenaga listrik.

Penanggung jawab acara pemutaran film, Aisyah Nina, mengungkapkan acara tersebut digelar untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Harapannya setelah menyaksikan film tersebut muncul kesadaran peserta agar berperan serta mengurangi jumlah sampah di dunia.

“Kami juga berharap peserta nonton film bersama ini mau menularkan ilmu yang sudah didapat kepada orang lain sehingga makin banyak orang yang peduli terhadap lingkungan,” jelasnya di sela-sela acara.

Peserta nonton film bersama, Arin, mengungkapkan selama ini ia sudah terbiasa peduli terhadap lingkungan.

Hal itu ia lakukan dari hal terkecil dan terdekat dengannya. Misalnya tidak membuang sampah sembarangan, memilah sampah menjadi sampah kering dan sampah basah.

Sampah kering juga masih ia pilah lagi menjadi beberapa bagian. “Dari kecil saya sudah dibiasakan orangtua melakukan hal itu. Jadi sudah terbiasa,” ungkapnya.

Pada Minggu (22/2/2015) pagi Earth Hour Solo menggelar acara khusus yang intinya mengajak warga untuk peduli terhadap lingkungan, di area car free day Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya