HARI PEDULI SAMPAH : Nadine Ajak Generasi Muda Minimalisasi Penggunaan Kantong Plastik

HARI PEDULI SAMPAH : Nadine Ajak Generasi Muda Minimalisasi Penggunaan Kantong Plastik

SOLOPOS.COM - Putri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata (kanan) saat memunguti sampah yang berserakan di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Minggu (25/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Y.S.)

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), peringatannya di Semarang diwarnai aksi bersi sampah di kawasan Simpang Lima yang turut diikuti Nadine Chandrawinata.

Semarangpos,com, SEMARANG – Putri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata, mengajak generasi muda Tanah Air untuk turut peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Perempuan berusia 33 tahun itu juga meminta generasi muda untuk meminimalisasi penggunaan kantong plastik dalam aktivitas sehari-hari.

Ajakan itu diserukan Nadine di sela mengikuti aksi bersih sampah di kawasan Simpang Lima, Semarang, Minggu (25/2/2018). Kegiatan yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang itu diadakan sebagai salah satu aksi memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018.

“Mudah-mudahan dengan aksi di hari ini akan semakin menimbulkan kesadaran masyarakat terhadap sampah. Mulailah peduli dengan sampah melalui hal-hal yang sepele, seperti meminimalisasi penggunaan kantong plastik. Dari yang sepele itu bisa memberikan efek yang besar bagi bumi kita,” tutur Nadine saat dijumpai wartawan di sela aksi.

Nadine menambahkan pengelolaan sampah di Indonesia masih terbilang buruk. Bahkan, Indonesia menempati urutan kedua sebagai negara penghasil sampah.

Salah satu sampah yang banyak dihasilkan masyarakat di Indonesia adalah jenis plastik. Padahal, sampah dari plastik sangat sulit diurai  mikroorganisme di dalam tanah.

“Jadi mulai sekarang biasakan membawa tas sendiri saat berbelanja, hindari menggunakan plastik untuk kantong sampah, dan juga usahakan tidak menggunakan botol plastik untuk minuman,” beber perempuan blasteran Indonesia-Jerman itu.

Selain memberikan ajakan kepada generasi muda untuk meminimalisasi penggunaan plastik, dalam kesempatan itu Nadine juga memuji pengelolaan sampah di Kota Semarang. Ia menilai Kota Semarang cukup bersih dengan tidak banyaknya sampah yang berserakan di kawasan Simpang Lima yang menjadi landmark ibu kota Jateng itu.

“Semarang cukup bersih. Saya sampai kesulitan tadi memunguti sampah di sini karena sudah bersih semua. Mungkin ini bisa dijadikan contoh kota lain dalam pengelolaan sampah,” ujar Nadine.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).