SOLOPOS.COM - Radjiman Wedyodiningrat (wikipedia.org)

Harianjogja.com, SLEMAN-Pemerintah Indonesia melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan menetapkan, memberikan gelar pahlawan nasional kepada Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyodiningrat dari Jogja.

“Penganugerahan gelar pahlawan nasional bagi Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radjiman Wedyodiningrat ini dilakukan pada 8 November di Jakarta,” kata Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti, Minggu (10/11/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, KRT Radjiman Wedyodiningrat merupakan Ketua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan juga ketua Organisasi Boedi Oetomo.

“Makam KRT Radjiman Wedyodiningrat berada dalam komplek Makam Pahlawan Dr Wahidin Soedirohoesodo, Malati, Sleman,” ucapnya.

Ia mengatakan, Pemkab Sleman pada Minggu juga melangsungkan Upacara Hari Pahlawan 10 November di Lapangan Pemda Sleman.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sleman Sri Purnomo bertindak, sebagai inspektur upacara.

Hadir dalam kesempatan tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkomimda) Kabupaten Slenan, pejabat di lingkungan pemkab Sleman dan PNS di lingkungkungan Pemkab. Sleman.

Setelah dilaksanakan upacara, kemudian dilanjutkan acara ziarah nasional di makam pahlawan Nasional Dr Wahidin Soedirohoesodo, dalam kesempatan tersebut sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolres Sleman AKBP Ihsan Amin.
(JIBI/Harian Jogja/Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya