Hari Pahlawan di Banjarnegara, Pesan Pangeran Sambernyawa Dibacakan

Peringatan Hari Pahlawan haruslah menjadi teladan semangat juang tanpa mengenal perbedaan, keterbatasan atau halangan.

 Peringatan Hari Pahlawan di Banjarnegara, Rabu (10/11/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Peringatan Hari Pahlawan di Banjarnegara, Rabu (10/11/2021). (Istimewa)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Upacara bendera memperingati Hari Pahlawan tahun 2021 tingkat Kabupaten Banjarnegara berlangsung khidmat di halaman Kantor Sekretariat Daerah, Rabu (10/11/2021). Ada pembacaan pesan dari sejumlah pahlawan seperti Pangeran Samnbernyawa.

Upacara peringatan hari pahlawan ke-76 yang mengusung tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’ ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan penanganan pandemi Covid-19.

PromosiBoleh Merdeka Belajar Asalkan Jangan Liberal

Plh. Banjarnegara, H. Syamsudin, S.Pd, M.Pd, bertindak selaku inspektur upacara. Sedangkan komandan upacara diampu oleh Camat Bawang, Anton Risdianto SSTP. Hadir mengikuti upacara tersebut Forkopimdan Banjarnegara, antara lain Dandim 0704/Banjarnegara Letkol (Arh) Sujaedi Faisal, Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, dan Ketua DPRD Ismawan Setyo Handoko. Hadir pula para kepala OPD dan perwakilan ASN sebagai peserta upacara.

Baca Juga: Baznas Banjarnegara Beri Pelatihan Rias Pengantin hingga Bikin Magot

Pada upacara tersebut dilakukan pengibaran bendera Merah Putih oleh petugas dari Satpol PP dan pembacaan pesan-pesan pahlawan, antara lain pesan pahlawan nasional Nyi Ageng Serang, Jenderal Soedirman, Profesor Dr. R. Soeharso, Profesor Mohammad Yamin, Supriyadi, Teuku Nyak Arif, Abdul Mu’is, serta Pangeran Sambernyawa/KGPAA Mangkunegoro I.

Plh Bupati Banjarnegara yang membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI mengajak seluruh masyarakat saling bahu-membahu dan saling menghormati pengorbanan para pahlawan. Selain itu agar mampu memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

“Kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya, kita akan buktikan pada dunia, kalau bersama kita bisa mewujudkan cita-cita para Pahlawan. Karena kita bukanlah bangsa lemah, yang menerima kemerdekaan sebagai hadiah penjajah, secara bersama kita mengalahkan dan mengusir bala tentara terkuat dunia,” ujar Plh Bupati yang membacakan naskah sambutan Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Peringatan Hari Pahlawan Banjarnegara
Peringatan Hari Pahlawan di Banjarnegara, Rabu (10/11/2021). (Istimewa)

Peringatan Hari Pahlawan, lanjutnya, haruslah menjadi teladan semangat juang tanpa mengenal perbedaan, keterbatasan atau halangan. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 Pahlawanku lnspirasiku. Bangsa Indonesia mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan.

Baca Juga: Keren! Banjarnegara Punya Sidara, Layanan Penyedia Data Potensi Desa

“Semangat gotong royong harus digelorakan. Terlebih kebhinekaan yang ada di Indonesia justru semakin memperkaya dan memperkuat Bangsa Indonesia, dengan senantiasa mengembangkan sikap toleransi,” tegas Plh Bupati bupati dalam pembacaan sambutannya.

Selesai upacara dilanjutkan acara dilanjutkan dengan upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sureng Yudha, yang dipimpin oleh Dandim 0704 Letkol (Arh) Sujaedi Faisal.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

Terbanyak di Jateng, Segini Jumlah Kiai di Pati

Kabupaten Pati ternyata menjadi wilayah yang memiliki jumlah kiai terbanyak di Jawa Tengah (Jateng).

Aksi Pembacokan di Jepara, Satu Pelaku Tertangkap Satunya Buron

Seorang pelaku pembacokan menggunakan sebilah pedang di desa Ujung watu, Kecamatan Donorojo, Jepara berhasil ditangkap polisi.

Jos! Desa di Pemalang Ini Bebas dari Status Miskin Berkat Pupuk Organik

Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, bisa terlepas dari status desa miskin berkat pengolahan pupuk organik.

Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Bandara Semarang, Ini Sebabnya

Pesawat Citilink bernomor penerbangan QG 483 dengan rute Banjarmasin ke Cengkareng mengalami kerusakan mesin dan akhirnya mendarat darurat di Semarang.

Bawa 146 Penumpang, Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Semarang

Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 483 mendarat darurat di Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang.

Air Berkah Waisak Diambil di Umbul Jumprit, Airnya Bisa Bikin Awet Muda

Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung, memiliki sejarah panjang dan airnya dipercaya memiliki banyak khasiat.

Disemayamkan di Candi Mendut, Ini Makna Api Dharma Waisak dari Mrapen

Api Dharma Waisak 2566 Budhist Era (BE) yang diambil dari Sumber Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, disemayamkan di Candi Mendut, Kabupaten Magelang.

Air Berkah Waisak Diambil dari Umbul di Lereng Gunung Sindoro

Air berkah Waisak 2566 Buddhis Era (BE) diambil dari lereng Gunung Sindoro tepatnya Umbul Jumprit di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Kota Lama Semarang, Spot Wisata Favorit di Jawa Tengah

Kawasan Kota Lama Semarang menjadi objek wisata terfavorit di Jawa Tengah.

Gunung Manggir, Wisata Alam Ngehits di Blora

Gunung Manggir merupakan objek wisata alam ciamik di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sakral! Begini Ritual Waisak di Candi Borobudur

Perayaan Hari Raya Triusuci Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, telah menjadi daya tarik wisata.

Blora Penghasil Kayu Jati Terbaik di Dunia, Tapi...

Separuh wilayah Kabupaten Blora yang berada di kawasan Kendeng merupakan kawasan hutan, khususnya hutan pohon jati penghasil kayu terbaik di dunia.

Geger! Mayat Perempuan Misterius Ditemukan Warga Kebumen, Ini Cirinya

Sosok mayat perempuan tanpa identitas atau misterius ditemukan warga di sebuah ladang di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen.

Polda Jateng Sebut 237 Hewan Ternak di Jateng Terindikasi PMK

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) menyebut ada 237 hewan ternak di wilayah Jateng yang terindikasi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Api Dharma Tri Suci Waisak dari Mrapen Disakralkan di Mendut

Pengambilan Api Dharma Tri Suci Waisak dilakukan di Api Abadi Mrapen, Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (14/5/2022).