SOLOPOS.COM - Panorama di seputaran Alun-Alun Kendal. (Twitter.com)

Hari Pahlawan di Kendal diperingati dengan upacara yang dipimpin Komandan Kodim 0715 Kendal.

Semarangpos.com, KENDAL – Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November untuk mengenang jasa pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Seluruh instansi maupun sekolah di seluruh Indonesia menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan, termasuk di Alun-Alun Kabupaten Kendal, Jawa tengah (Jateng), Kamis (10/11/2016).

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Bertindak selaku pemimpin upacara adalah Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0715 Kendal, Letkol Inf. Pitter Dwi Ardianto. Upacara tersebut dihadiri seluruh anggota forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) dan diikuti oleh seluruh elemen masyarakat, di antaranya pegawai negeri sipil (PNS), Polri, TNI, guru, siswa, kalangan swasta, dan bagian masyarakat lainnya.

Seperti dikutip Semarangpos.com dari Kendalkab.go.id, sang komandan membacakan sambutan tertulis milik Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa. Menurut sang menteri, Hari Pahlawan merupakan salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang yang telah mengabdikan hidupnya demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam sambutan tertulisnya, Khofifah juga berharap perjuangan para pahlawan dapat memberi motivasi bangsa Indonesia untuk bersatu membangun negeri. “Apa yang telah diperjuangkan para pahlawan dan pejuang untuk membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia kiranya dapat menggugah bangsa Indonesia untuk bersatu padu menyatukan langkah membangun negeri, sebagaimana yang dicita-citakan para pendahulu negeri hingga kita dapat berdiri sejajar dengan negara-negara lain di dunia dan tidak dipandang sebelah mata,” papar sang komandan membacakan naskah sang menteri.

Dalam sambutan tertulisnya, Khofifah juga menambahkan Hari Pahlawan kali ini mengangkat tema “Satukan Langkah Untuk Negeri”. Khofifah menilai tema tersebut sangat tepat untuk mengingatkan bangsa Indonesia untuk bersatu menyatukan langkah dalam pembangunan.

Ia juga mengimbau agar bangsa Indonesia dapat mengubah pola pikir untuk lebih memprioritaskan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi maupun golongan. Ia mengungkapkan kepentingan pribadi yang diprioritaskan di atas kepentingan negara akan menimbulkan konflik internal bangsa Indonesia. Khofifah berharap peringatan Hari Pahlawan tahun ini dapat menggerakkan segenap elemen bangsa untuk dapat berpartisipasi membangun negeri sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya