SOLOPOS.COM - General Manager Grand Inna Malioboro, Agus Arif Wibawanto berbincang dengan Samdhy, seorang pejuang Tentara Pelajar di bekas kamar Panglima Besar Jendral Soedirman di Hotel Grand Inna Malioboro, Jogja, Jumat (10/11/2017). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Veteran pejuang kemerdekaan napak tilas ke Hotel Grand Inna Malioboro.

Harianjogja.com, JOGJA— Hotel Grand Inna Malioboro Jogja merayakan peringatan Hari Pahlawan dengan mengundang pelaku sejarah perjuangan kemerdekaan yang masih hidup di Jogja, pada Jumat (10/11/2017).

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Dalam acara peringatan Hari Pahlawan, Hotel Grand Inna Malioboro mengundang salah satu pejuang kemerdekaan dalam peristiwa Serbuan Kotabaru Samdhy. Kakek 90 tahun itu mengingatkan akan pentingnya Pancasila.

“Itu jalan hidup kita, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 45, siapa yang mau mengubah berhadapan dengan kami [Veteran],” ujar Samdhy, Jumat (10/11/2017).

Samdhy hadir bersama veteran perang yang tergabung dalam Paguyupan Wehkrkreis (Daerah Perlawanan) III Yogyakarta. Kehadiran mereka ke Grand Inna Malioboro sekaligus melakukan napak tilas. Sebab gedung Grand Inna Malioboro dulunya adalah Markas Besar Oemoem Tentara Keamanan Rakyat pimpinan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Bahkan ada sebuah kamar hotel yang merupakan bekas ruang kerja Jendral Soedirman. Ruangan kamar hotel itu kini bernama Suite Sudirman 291. Dikatakannya, saat berperang bersama Soedirman, usianya kala itu masih belasan tahun.

Dari pengalaman berperang mengusir penjajah di Kota Jogja hingga perang Ambarawa, dirinya terkesan dengan sosok Soerdirman. Jendral Soedirman menurutnya adalah orang yang jenuis.

“Melawan Belanda tidak berhadap-hadapan terus, memilih perang terus tapi sedikit-sedikit, terus dia matikan keran airnya yang mengarah ke Kota,” kata dia menceritakan taktik perang yang dilakukan Soedirman melawan Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya