SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan arus lalu lintas (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Hari Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 yang memicu masa liburan panjang membuat polisi memberi perhatian khusus ke pintu keluar jalan tol di Brebes Timur alias Brexit.

Semarangpos.com, SEMARANG — Polisi fokus mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di pintu keluar jalan tol di Brebes Timur atau yang kondang dengan julukan Brexit pada libur Hari Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Fokus di Brexit, beberapa skenario sudah disiapkan,” kata Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Herukoco di Semarang, Kamis (22/12/2016).

Menurut dia cara bertindak dalam mengatisipasi kemacetan saat libur akhir tahun ini hampir sama dengan saat arus mudik Lebaran 2016 lalu.Sejumlah titik yang perlu diantisipasi, kata dia, antara lain persimpangan serta jalur untuk berputar arah.

Menurut dia tidak menutup kemungkinan titik konflik di jalur pantura, seperti persimpangan atau jalur untuk berputar arah akan ditutup. Skenario yang disiapkan, kata dia, jika terjadi kemacetan hingga 2 km maka kendaraan akan diarahkan keluar melalui Pejagan. “Kalau Pejagan juga macet akan dikeluarkan melalui Palimanan,” katanya.

Arus mudik libur akhir tahun, kata dia diperkirakan akan mulai terjadi pada 23 Desember. Sementara itu, kepolisian menyiagakan 9.870 personel untuk pengamanan natal dan tahun baru, ditambah dari unsur TNI dan pemerintah daerah. Sebanyak 1.029 pos keamanan dan pelayanan disiagakan di seluruh wilayah Jawa Tengah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya