HARI NATAL 2016 : Peningkatan Konsumsi BBM di Jateng Tak Sesuai Prediksi
Ilustrasi antrean konsumen BBM di SPBU. (JIBI/Bisnis/Rahmatullah)

Hari Natal 2016 memicu musim liburan yang ditandai dengan peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng) saat musim libur yang dipicu Hari Natal 2016. Meski demikian, peningkatan konsumsi BBM itu tak sesuai ekspektasi dari Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sebelumnya, Pertamina MOR IV memprediksi akan ada peningkatan konsumsi BBM hingga 15%. Namun, hingga hari H-1 Natal 2016, Sabtu (24/12/2016), tercatat konsumsi peningkatan BBM hanya mencapai 5,53% untuk jenis Pertamax dengan konsumsi harian 2,755 kiloliter (kl) dan 6,37% dengan konsumsi harian mencapai 5.724 kl untuk jenis Pertalite.

Peningkatan BBM saat libur Natal 2016 di sejumlah wilayah di Jateng itu disampaikan tim Satgas Hari Natal dan Tahun Baru Pertamina MOR IV saat menerima kunjungan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman WIratmaja Puja, di Kantor Unit Pertamina MOR IV di Semarang, Minggu (25/12/2016). Dalam kesempatan itu, tim Satgas juga menyebutkan peningkatan konsumsi BBM di Jateng paling terlihat di sepanjang jalur pantai utara Jateng, termasuk di sekitar pintu keluar Tol Brebes Timur hingga Tegal.

Tim Satgas Natal dan Tahun Baru Pertamina MOR IV juga menyebutkan peningkatan tidak terlalu signifikan dialami produk lain Pertamina, yakni BBM jenis Premium. Konsumsi premium di masa libur Hari Natal 2016 ini hanya meningkat 1,81% dari biasanya dengan rata-rata konsumsi per hari 3.461 kl, diikuti solar yang hanya meningkat 1,5% dengan konsumsi harian 5.279 kl.

Dalam kunjungannya, selain menanyakan mengenai detail penyaluran produk yang dilakukan Pertamina, Wiratmaja juga menanyakan kendala-kendala tertentu yang dihadapi di lapangan. Lebih lanjut Ia memberikan arahan dan menghimbau agar setiap indikasi di lapangan untuk terus dipantau dan ditindaklanjuti secepat mungkin serta mengoptimalkan contact center dan social media sebagai salah satu jalur untuk mengetahui kondisi terkini di wilayah-wilayah rawan kepadatan.

Selain melayani kebutuhan BBM masyarakat melalui 673 SPBU yang tersebar di penjuru provinsi Jawa Tengah, pada masa mudik Natal 2016 ini, Pertamina MOR IV juga memberikan pelayanan khusus melalui penjualan BBM pertamax dalam kemasan di dua lokasi yang disinyalir mengalami kepadatan lebih tinggi daripada lokasi lainnya, yakni di Rest Area Km 252 Tol Brebes dan Jalur Wisata Guci. Khusus di Rest Area KM 252, juga di standby kan mobil tangki yang berfungsi sebagai stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Portable yang menjual produk pertamax dan pertamina Dex. Pada H-2 dan H-1 Hari Natal 2016, tercatat telah terjual sekitar 2.830 liter pertamax di dua lokasi itu.

“Berkat kerja sama tim dan dukungan dari berbagai pihak distribusi BBM menjelang Hari Natal tahun 2016 ini dapat berjalan dengan baik. Sebagaimana pada momen libur nasional lainnya, Pertamina akan terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan semoga penyaluran BBM pada momen tahun baru 2017 yang akan segera datang juga dapat dilaksanakan dengan baik," tulis Area Manager Communication and Relations Pertamina Jateng, Suyanto, dalam siaran pers kepada Solopos.com, Minggu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom