SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Sehari menjelang peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2010, DPR menggelar sejumlah kegiatan, Senin (31/5). Salah satunya adalah membuat beberapa “ATM Pancasila” yang masing-masing dijaga dua wanita ayu. Apa itu ATM Pancasila?

Ternyata ATM itu bukan berkaitan dengan urusan uang. Di setiap konter ATM Pancasila ada dua wanita dengan setelan jas dan rok hitam yang siap memandu. Di tempat itu siapa saja diminta mengisi form untuk memberikan masukan implementasi sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

“Misalnya, saya pernah diperlakukan enggak adil. Ya begitulah intinya, sila-sila Pancasila itu gimana mengamalkannya,” jelas seorang penjaga, Indah.

Di setiap konter terdapat lima boks yang masing-masing bertuliskan bunyi sila pertama sampai kelima dari Pancasila. Seusai memberi masukan, akan mendapatkan kotak kecil bergambar Burung Garuda yang berisi beberapa buah permen yang dibungkusnya ada tulisan “Pancasila”.

Untuk apa masukan-masukan tersebut? “Ah, saya juga enggak tahu. Pokoknya untuk peringatan Hari Pancasila besok,” kata Indah.

Terlihat juga beberapa artis seperti Pangki Suwito dan istrinya, Yati Octavia, yang turut memberikan masukan. MPR dan DPR akan menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila besok dengan mengingat pidato-pidato Presiden RI pertama, Soekarno. Rencananya, acara yang digelar pukul 10.00 besok akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono.

kcm/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya