SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Hari lahir Operasi Papua Merdeka (OPM) 1 Desember ini diwarnai dengan pengibaran dua bendera di dua gunung di Papua. Petugas kepolisian segera datang ke lokasi untuk menurunkan bendera itu.

“Pengibaran bendera ada di dua lokasi di pegunungan Puncak Jaya dan di perbukitan Ujung Bandara Wamena, Kampung Walangi, Distrik Wamena,” ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saud mengatakan itu usai menghadiri peringatan Hut Kepolisian Perairan dan Udara Baharkam Polri ke-61 di Lapangan Terbang Poncok Cabe, Tangerang Selatan, Kamis (1/12).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Saud, di pegunungan Puncak Jaya, tepatnya di Dusun Wandegobak, Distrik Mulia, bendera pertama berkibar sekitar pukul 06.00 WIT. Satu lagi bendera berkibar di perbukitan Ujung Bandara Wamena, Kampung Walangi, Distrik Wamena sekitar pukul 01.20 WIT.

Saud menambahkan, dua bendera yang berkibar itu terlihat dari ketinggian. Petugas kepolisian sedang menuju lokasi untuk menurunkan bendera.

Saud tidak mengetahui siapa pemilik bendera yang dikibarkan di dua gunung Papua tersebut. Pihaknya hingga kini masih melacak.

Sementara itu, menurut Saud, kepolisian masih terus melakukan pendekatan kepada masyarakat. Pihaknya mengimbau masyarakat Papua untuk tidak terpengaruh atas kegiatan ulang tahun OPM.

“Kami mengimbau masyarakat untuk melaksanakan kegiatan sebagaimana biasa dan kita mengharapkan semua pihak bisa menjaga situasi yang ada,” ucap Saud.(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya