SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

SUKOHARJO-Hewan kurban di sejumlah wilayah di Sukoharjo pada hari kedua, Sabtu (27/10/2012) diketahui sehat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kondisi itu diketahui setelah petugas dari unit pelaksana teknis daerah (UPTD) pos kesehatan hewan Dinas Pertanian (Dipertan) melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap hewan di berbagai tempat penyembelihan. Penegasan itu disampaikan Kepala UPTD Pos Kesehatan Hewan Dispertan Sukoharjo, Ngatmini, Sabtu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Semua kurban sehat, tidak ditemukan cacing hati seperti hari pertama,” ujarnya.

Di hari pertama melakukan sidak, petugas menemukan cacing hati di sejumlah sapi yang disembelih. Petugas memusnahkan hati yang telah terkontaminasi.

“Petugas menemukan cacing hati di hampir setiap kecamatan. Walau demikian, jumlahnya turun dibanding tahun lalu,” jelasnya tanpa menyebut angka.

Cacing hati dilihat petugas setelah menyayat. “Dari sayatan akan diketahui apakah cacing hati sudah menyebar atau belum. Kalau sudah [menyebar] ya dibawa petugas untuk dimusnahkan tetapi kalau belum petugas hanya mengambil hati yang terkontaminasi saja.”

Ngatmini berpesan, agar masyarakat ikut melakukan pengawasan walau tak ada petugas. Menurutnya, keterlibatan masyarakat dalam pengawasan dibutuhkan karena petugas sangat terbatas. Karenanya, lanjut Ngatmini, di lokasi sidak petugas berbagi ilmu pengetahuan soal cacing hati kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya