SOLOPOS.COM - Apel bersama memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Plaza Manahan, Jl. Adisucipto Solo, Sabtu (20/5/2017) pagi. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Hari Kebangkitan Nasional diperingati dengan apel bersama dipimpin Kapolda Jateng.

Solopos.com, SOLO — Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, menegaskan NKRI [Negara Kesatuan Republik Indonesia] adalah harga mati.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pernyataan tegas tersebut disampaikan Kapolda dalam apel bersama memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Plaza Manahan, Jl. Adisucipto Solo, Sabtu (20/5/2017) pagi.

Condro ingin menunjukkan kepada leluhur bahwa bangsa ini merupakan bangsa yang tidak akan melupakan sejarah. Sejarah ini dibangun dari keberagaman. Maka dari itu, Indonesia berdiri di atas kebhinekaan suku, agama, etnis, dan berbagai kelompok.

“Ada 1.340 suku yang ada di seluruh Indonesia. Indonesia ini berdiri karena keberagaman. Maka dari itu, NKRI adalah harga mati,” ungkapnya.

Menurutnya, kebangkitan Bangsa Indonesia sudah dilakukan sejak dulu. Adanya Budi Utomo pada 1908 menjadi penanda pergolakan kebangkitan Indonesia. Hal ini kemudian dilanjutkan dengan Sumpah Pemuda pada 1928. Namun demikian, puncak serta tonggaknya adalah pada 17 Agustus 1945, yakni Kemerdekaan RI.

“Bung Karno merumuskan apa yang cocok bagi negara kita. Pancasila adalah hal yang paling cocok bagi Indonesia. Pancasila rumah keberagaman bagi Indonesia. Sanggupkah kita menjaga Pancasila?” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan pada 1998, Orde Baru jatuh sebagai penanda babak baru demokrasi Indonesia. Akan tetapi, demokrasi dan kebebasan menyampaikan pendapat tetap harus didasari pada aturan dan undang-undang.

“Saat ini kita harus fokus pada bagaimana menyejahterakan rakyat. Dulu fokus kita adalah penjajah. Sekarang adalah bagaimana memakmurkan rakyat. Ini momentum kita untuk bangkit bersama untuk NKRI. Banyak muncul kelompok hanya untuk kepentingan mereka sendiri yang mesti kita reduksi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya