Hari ke-3, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital Potret Perkembangan Digitalisasi di Ibu Kota

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 tiba di Jakarta, Minggu (5/12/2021) pukul 23.45 WIB.

 Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo (pegang bendera start, kanan) dan Sekda Solo, Ahyani (pegang bendera start, kiri) memberangkatkan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pagi. (Solopos.com-Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo (pegang bendera start, kanan) dan Sekda Solo, Ahyani (pegang bendera start, kiri) memberangkatkan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pagi. (Solopos.com-Kurniawan)

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

PromosiSpekulasi Penundaan Pemilu dan Perpanjangan Jabatan Presiden Tamat

Solopos.com, JAKARTA —Perjalanan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 berlanjut ke Jakarta. Tim sampai di Ibu Kota pada Minggu (5/12/2021) pukul 23.45 WIB. Memasuki hari ketiga, tim ekspedisi bakal mengeksplorasi digitalisasi di bidang kesehatan bersama Prodia Pusat di Jakarta dan perkembangan ekonomi digital di Indonesia bersama Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Senin (6/12/2021).

Sebelum tiba di Jakarta, tim ekspedisi telah menjelajahi kegiatan digital di Semarang. Di Kota Atlas, tim ekspedisi berbincang dengan Branch Manager (BM) Laboratorium Klinik Prodia Semarang, Chyntia Resti Wijaya di Jl. MT Haryono No. 882 Semarang, Minggu. “Selama ini Prodia Mobile paling diminati pelanggan,” kata Chyntia Resti Wijaya di Semarang, Minggu.

Di samping itu. tim ekspedisi juga berbincang banyak dengan Head of Sales XL Axiata Area Kudus, Solo dan Semarang, Heriantoni, di kawasan Simpang Lima. Heriantoni di antaranya menyampaikan hal-hal menarik seperti terkait trafik data dan Internet di Jawa Tengah. “Di Jawa Tengah, trafik data dan Internet tertinggi di tiga daerah yakni Brebes, Tegal, dan Kota Semarang,” kata dia.

Baca juga: Sepi Pembeli, Sebagian Pedagang Buku di Belakang Sriwedari Solo Go Online

Di Jakarta, giliran tim ekspedisi membahas digitalisasi di bidang kesehatan, yakni di Prodia Pusat Jakarta. Nantinya, tim ekspedisi akan berbincang dengan Direktur Transformasi Layanan Digital & Teknologi Informasi Prodia Pusat di Jakarta, Andri Hidayat via Zoom.

Tim ekspedisi juga akan melihat sejumlah pengelolaan inovasi Prodia berkaitan dengan layanan digital. Dalam memberikan pelayanan ke pelanggan, Prodia telah mengoptimalkan digitalisasi, di antaranya Prodia Mobile, Tanya Prodia (Tania), Kontak Center, dan lainnya.

Di samping itu, tim juga akan berdiskusi seru dengan pengamat ekonomi digital dari Indef, yakni Nur Komariah tentang perkembangan digitalisasi di Tanah Air. Indef adalah lembaga riset independen dan otonom yang berdiri pada Agustus 1995 di Jakarta. Indef akan memberi gambaran seperti apa perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

Baca juga: Teh Racikan Khas Solo Juga Dijual di Market Place, Segini Harganya

Digitalisasi Belanja Emas

Selain itu, di Jakarta, tim juga akan membahas digitalisasi penjualan emas di Galeri24. Disana, tim akan melihat proses transaksi digital emas, termasuk bagaimana pengemasan produk emas yang dibeli secara online, termasuk penagamanan yang dilakukan selama pengiriman. Galeri 24 adalah perusahaan retail emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero.

Galeri24 melajani penjualan emas batangan dan emas perhiasan. Seperti kita tahu emas sempat menjadi primadona investasi lantaran nilainya yang melambung selama pandemi. Saat ini,  harga emas cenderung stabil di kisaran Rp939.000 per gram. Galeri24 melayani pembelian emas secara digital dengan jaminan keamanan yang tinggi.

Baca juga: Dihadiri 1.000 Tamu, Begini Penerapan Protokol Kesehatan Saat Hajatan Bupati Sragen

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 merupakan kegiatan jelajah yang digagas Solopos Media Group dengan dukungan BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Candi Elektronik, Artugo, Galeri 24, Prodia, XL Axiata, dan Gojek.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 berlangsung selama enam hari, Sabtu-Kamis (4-9/12/2021). Tim ekspedisi dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani, mewakili Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021). Tim ekspedisi bakal mengunjungi lima kota yakni Solo, Salatiga, Semarang, Cirebon, dan Jakarta.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Jaga Kesehatan, Pegawai Kantor Imigrasi Surakarta Gelar Fun Bike

Fun bike selain untuk menjaga kesehatan pegawai Kantor Imigrasi Surakarta juga merupakan rangkaian peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-72.

IDI Sukoharjo Pantau Perkembangan Kasus Harian Covid-19

Pemerintah diharapkan terus menggenjot capaian vaksinasi dengan target sasaran beragam kelompok masyarakat di Sukoharjo.

Siswa Positif Covid-19, PTM di 2 SMPN di Klaten Disetop

Terdapat satu siswa positif Covid-19 masing-masing di SMPN 1 Karangnongko dan SMPN 1 Kemalang Klaten.

Sopir Kaget Disalip Ditanjakan, Pikap Angkut Ribuan Telur Masuk Jurang

Mobil pikap pengangkut ribuan telur ayam yang dikemudikan warga Sukoharjo masuk jurang di Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Hari Bhakti Imigrasi, Menkumham Yasonna Apresiasi Inovasi Keimigrasian

Menkumham Yasona meminta agar jajaran Imigrasi di seluruh Indonesia terus meningkatkan Profesionalisme dan Integritas dalam menjalankan Tugas Negara.

8 Boks PJU di Sumberlawang Dibobol Maling, Dishub Rugi Jutaan Rupiah

Pencuri menggondol sejumlah perangkat dari delapan boks lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalan Sumberlawang-Purwodadi.

Disambati Bupati Sragen soal Kemiskinan, Ini Jawaban Wagub Taj Yasin

Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, menyebut Sragen tidak masuk daerah dengan kemiskinan ekstrem di Jateng. Namun masuk zona merah di Jateng.

Prihatin Kasus Narkoba Tinggi, Kejari Solo Terjun ke Sekolah-Sekolah

Prihatin dengan angka kasus penyalahgunaan narkoba yang tinggi, Kejari Solo turun ke sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman kepada pelajar untuk menjauhi narkoba.

14 Sertifikat Baru Lahan Terdampak JLT Sukoharjo Belum Terbit

Penerbitan sertifikat tanah yang baru setelah pelepasan hak karena terdampak JLT Sukoharjo mengacu pada ketentuan yang diatur di bidang agraria dan tata ruang.

Bupati Sragen Sambat ke Wagub Soal Angka Kemiskinan yang Tak Juga Turun

Bupati Sragen sambat ke Wagub Jateng. Ia mengaku sudah mengeluarkan anggaran banyak untuk mengentaskan kemiskinan namun angkanya tidak turun, justru naik.

Jual Minyak Goreng Rp14.000/Liter, Toko di Pasar Legi Solo Ini Diserbu

Toko Leo Jaya di lantai II Pasar Legi Solo diserbu pembeli yang antre untuk mendapatkan minyak goreng seharga Rp14.000/liter.

Jangan Macam-Macam, Kejari Karanganyar Kini Punya Satgas Mafia Tanah

Kejari Karanganyar telah membentuk Satgas Mafia Tanah sesuai instruki Kejaksaan Agung.

Dikeluhkan Warga, Tempat Karaoke di Wanglu Disegel Satpol PP Klaten

Penutupan itu dilakukan karena keberadaan karaoke dan kafe tersebut dinilai telah melanggar peraturan daerah (perda).

Penyebab Minyak Goreng Rp14.000 Sulit Diterapkan di Pasar di Boyolali

Diharapkan permasalahan harga minyak goreng di pasar tradisional dapat diselesaikan sehingga pedagang dapat menjual minyak dengan harga yang sama di toko retail.

Ribuan Tenaga Honorer di Karangamyar Terancam Nganggur

Para tenaga honorer di Karanganyar resah dengan kebijakan pemerintah pusat yang akan menghapuskan status mereka mulai tahun depan.

Bhayangkari Polres Wonogiri Diminta Berani Laporkan Kasus KDRT

Bantuan hukum terhadap kasus KDRT seperti mencegah, menindak pelaku, dan melindungi korban dijamin oleh negara.