SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Maya Herawati)

Hari jadi Klaten bakal dimeriahkan dengan ratusan warung angkringan.

Solopos.com, KLATEN – Seratusan gerobak warung angkringan bakal dijajarkan di sepanjang Jl. Pemuda, Senin (27/7/2015) malam. Kegiatan itu digelar guna memeriahkan malam tirakatan hari jadi Klaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Joko Wiyono, mengatakan ada sekitar 100 warung angkringan yang dilibatkan pada kegiatan bertajuk festival angkringan. Rencananya, lokasi kegiatan berada disepanjang Jl. Pemuda antara simpang lima Plaza Klaten hingga simpang tiga BRI.

Ekspedisi Mudik 2024

Masyarakat umum dibebaskan ikut dan menikmati hidangan yang disajikan dalam acara tersebut. Soal biaya, Joko menggaransi warga tak dipungut biaya alias gratis. “Disepanjang jalan itu nanti ada warung angkringan yang terlibat dalam kegiatan ini. Ini bebas, untuk masyarakat umum dan gratis. Sembari menikmati hidangan, nanti ada hiburan musik yang rencananya digelar di dua tempat yakni antara simpang empat plaza dan depan Makodim,” jelas dia, Jumat (24/7/2015).

Joko mengatakan kegiatan itu baru kali pertama digelar. Tujuannya, selain untuk memeriahkan perayaan hari jadi, festival itu juga dimaksudkan untuk memperkenalkan Klaten sebagai pioner warung angkringan.

“Pioner angkringan seperti yang diketahui berasal dari Klaten. Melalui festival ini, kami ingin memperkenalkan ke masyarakat luas. Acara ini sekaligus sebagai media masyarakat untuk berkumpul,” ujarnya.

Sementara itu, peringatan hari jadi tak hanya dimeriahkan festival angkringan. Sejumlah event sudah dipersiapkan. “Setelah tabur bunga nanti dijadwalkan ada acara gemar makan ikan [gameri],” katanya.

Tak hanya itu, pemkab juga mempersiapkan kegiatan tari gambyong kolosal. Targetnya, tari itu diikuti oleh 7.000an orang. “Saat ini masih kami rapatkan untuk pelaksanaan kegiatan,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya