SOLOPOS.COM - Ilustrasi pertunjukan reog (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi pertunjukan reog (Dok/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI--Festival Kesenian sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi ke-166 Boyolali, Minggu (9/6/2013), digelar di Kemiri, Kecamatan Mojosongo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Belasan kelompok kesenian siap unjuk gigi memperebutkan piala bupati dalam festival tersebut. Ketua panitia kegiatan itu, Masruri mengonfirmasi disediakan hadiah untuk juara festival itu.

“Ya, ada hadiahnya, juara pertama Rp3 juta dan piala bupati,” kata Marsuri, Kamis (6/6/2013).

Berdasarkan informasi yang diterima Solopos.com, lokasi digelarnya festival itu adalah calon alun-alun Boyolali. Sebagaimana diketahui, Kemiri merupakan lokasi terpilih untuk relokasi kompleks perkantoran Pemda Boyolali. Kabag Humas pada Setda Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani menerangkan festival itu bakal dibuka langsung oleh Bupati Seno Samodro.

“Acara dimulai sejak pagi sekitar pukul 09.00 WIB,” tambahnya.

Sementara itu, pendaftar festival tersebut berencana menampilkan berbagai bentuk kesenian tradisional. Namun, beberapa kesenian garap kontemporer juga disiapkan.  “Sampai saat ini yang mendaftar lewat saya ada 12 kelompok, dari Selo dan Cepogo. Lokasi festival di calon lokasi alun-alun Boyolali,” terang Ketua Paguyuban Kesenian Tradisional Kecamatan Selo, Suharmin.

Beberapa pendaftar itu, lanjut dia, antara lain berencana menyajikan Sri Budoyo, Salok Budoyo, Angguk atau Roda serta Gagak Ngampar atau kesenian tari cengkok keprajuritan.

“Informasi yang kami terima ada piala bergilirnya juga. Namun untuk kami sendiri akan menampilkan kesenian reog,” tambah Suharmin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya