SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Solopos.com)–Pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sragen berlangsung hari ini (19/3/2011) mulai pukul 07.00 WIB-13.00 WIB. Masyarakat Bumi Sukowati bakal berbondong-bondong mendatangi 1.616 tempat pemungutan suara (TPS) yang menyebar di 20 kecamatan.

Sejumlah anggota kelompok petugas pemungutan suara (KPPS) mulai menyiapkan penataan bilik suara, kursi, meja dan sebagainya untuk menyambut kedatangan para pemilih. Setidaknya sebanyak 1.616 kotak suara dan 3.232 bilik suara yang disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen. Petugas Petahanan Sipil (Hansip) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dibantu dua orang aparat kepolisian mulai berjaga-jaga di TPS mulai Jumat (18/3/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di tengah persiapan petugas di TPS, KPU Sragen mendapat keluhan dari Dodok Sartono, salah seorang tim pemenangan pasangan Agus-Fatchurrahman (ADA) tentang rumor dugaan surat suara yang sudah dicoblosi. Kedatangan Dodok dan temannya diterima anggota KPU Setyadi dan Edy Suprapto.

“Kami menerima laporan surat suara di beberapa wilayah sudah dicoblosi. Kami meminta KPU membuka sampel kotak suara dan disaksikan Panitia Pengawas (Panwas). Selain itu kualitas segel dan gembok yang kurang baik juga bakal menimbulkan kerawanan,” tegas Dodok.

Anggota KPU Setyadi menanggapi adukan mereka. Dia menerangkan rumor itu tidak benar. Dia optimistis kondisi logistik, termasuk surat suara masih aman. “Kami terima aduan ini. Jika ada surat suara yang sudah dicoblos akan diketahui sebelum proses pemungutan suara dimulai.

Surat suara itu ditandatangani Ketua KPPS sebelum digunakan dan dicek keabsahannya. Jika ada yang cacat sedikit saja, maka surat suara itu tidak sah. Jadi jangan khawatir. Kalau belum puas silakan tempatkan saksi di setiap TPS,” paparnya.

trh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya