SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi. dok JIBI/SOLOPOS

BANYUMAS-Berbeda dengan kebanyakan umat muslim di Indonesia yang melaksanakan shalat Idul Adha, Jumat (26/10/2012), penganut Islam Abogi [Alif Rebo Wage] baru melaksanakan salat, Sabtu (27/10/2012). Ratusan penganut Islam Aboge ini melaksanakan salat Id secara berjamaah di Masjid Jami Saka Tunggal Baitussalam, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas, Jawa Tengah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salat dipimpin imam Sulam, dan khatib Suyitno. Dalam khutbahnya, yang disampaikan dalam Bahasa Arab, Suyitno mengajak penganut Islam Aboge meneladani kesabaran dan pengorbanan Nabi Ibrahim.

Usai melaksanakan Salat Id, dan mendengarkan khutbah Idul Adha, para penganut Islam Aboge menggelar kenduri di dalam masjid, sebelum menyembelih hewan kurban.

Saat ditemui usai kenduri, Sulam mengatakan Salat Id pada Hari Raya Idul Adha tidak seramai Idul Fitri. “Mungkin karena warga di perantauan tidak pulang kampung. Selain itu, ada yang bekerja dan anak-anak bersekolah,” katanya.

Kendati demikian, ia mengatakan kesadaran masyarakat untuk berkurban pada Hari Raya Idul Adha semakin tinggi. Ini ditunjukkan dengan jumlah hewan kurban dari masyarakat yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Jumlah sapi yang dikurbankan sebanyak 11 ekor untuk satu dusun, dan kambing sebanyak delapan ekor. Khusus masjid ini ada lima ekor,” imbuhnya.

Penganut Islam Aboge menyakini jika 1433 H merupakan tahun Wawu sehingga untuk menentukan 1 Muharam yang merupakan hari dan pasaran pertama tahun berjalan ini mengacu pada rumusan Waninwon atau Wawu-Senin-Kliwon.

Konon, perhitungan yang dipakai aliran Aboge telah digunakan para wali sejak abad ke-14 dan disebarluaskan oleh ulama Raden Rasid Sayid Kuning berasal dari Pajang. Hingga saat ini, hitungan tersebut masih diyakini oleh ribuan penganut Islam Aboge yang tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Banyumas, Cilacap, dan Purbalingga serta daerah lainnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya