SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Pengunjung ritual Labuhan Merapi yang digelar hari ini, (3/7), membludak. Ribuan masyarakat memenuhi Kinahrejo hingga Alas Bedhengan, lokasi digelarnya labuhan di kaki Gunung Merapi.

Banyaknya pengunjung yang mengikuti ritual membuat pengamanan diperketat. Puluhan anggota Tagana disiagakan, membuat pagar betis menjaga peserta yang terdiri Juru Kunci Merapi, abdi dalem dan uba rampe.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tahun ini pengunjungnya sangat banyak, tahun lalu tidak sampai seribu orang,” kata Kepala Desa Kepuharjo Cangkringan, Heri Suprapto di sela-sela prosesi labuhan.

Dari sekian banyak pengunjung, tidak sedikit yang kelelahan hingga mendapatkan perawatan medis. Peserta yang merupakan abdi dalem putri Kraton Ngayogyakarta juga ada yang harus ditandu menuju lokasi.

Medan cukup terjal, dengan lapisan pasir dan kerikil setelah erupsi Merapi. Cuaca terik juga sangat terasa karena tidak ada satu pohon pun yang berfungsi sebagai perindang. (Harian Jogja/Akhirul Anwar)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya