SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri memulai verifikasi faktual terhadap kepengurusan partai politik (parpol), Sabtu (3/11/2012).

Sesuai jadwal, verifikasi faktual bakal dilaksanakan mulai hari ini hingga Senin (5/11/2012). Selanjutnya, verifikasi faktual akan melebar pada anggota parpol pada 6-24 November 2012.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti diketahui, 15 parpol dari 16 parpol di tingkat nasional yang lolos verifikasi administratif memiliki cabang di Wonogiri. Lima belas parpol ini yang bakal diverifikasi.

Ketua KPU Wonogiri, Joko Purnomo, kepada Solopos.com, Jumat (2/11/2012) menjelaskan verifikasi terhadap kepengurusan meliputi keberadaan kantor sekretariat dan kecocokan data pengurus dengan kenyataan.

“Besok [Sabtu] tim sudah ke lapangan untuk melihat apa benar kantornya ada di tingkat kabupaten. Juga apakah pengurusnya benar-benar jadi pengurus atau hanya numpang nama,” jelas Joko.

Tak hanya di kabupaten, verifikasi juga dilakukan sampai tingkat kecamatan. Di tingkatan ini, KPU hanya memfokuskan pengecekan pada kebenaran pengurus. Sedangkan soal kantor kesekretariatan menjadi data pelengkap. Menurut Joko, parpol bisa gagal di Wonogiri juga dalam verifikasi ternyata tidak memiliki pengurus di minimal 13 kecamatan.

Sementara itu, untuk verifikasi faktual terhadap anggota parpol, KPU Wonogiri diperkirakan harus memeriksa 3.000 orang. Angka itu berdasarkan perhitungan 10% dari daftar kartu tanda anggota (KTA) parpol yang dikumpulkan saat pendaftaran perdana parpol peserta pemilu 2014.  Joko mengakui bukan hal mudah melakukan verifikasi terhadap 3.000 orang hanya dalam waktu hampir tiga pekan. “Karena tidak semua alamat ditulis lengkap,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya