ilustrasi pemilu. (Solopos-Whisnu Paksa)

Solopos.com SRAGEN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen menggandeng PT Pos Indonesia untuk mendistribusikan 13.440 bilik suara ke 20 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Selasa (26/2/2019). 

Distribusi logistik tersebut direncanakan menggunakan lima unit truk dengan kapasitas 2.000 bilik per truk dan ditargetkan selesai dalam sehari. Sebagai awalan, KPU Sragen mendistribusikan 120 buah palet ke 20 kecamatan pada Senin (25/2/2019). 

Ketua KPU Sragen, Minarso, saat berbincang dengan Solopos.com di Kantor KPU Sragen, Senin siang, didampingi Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPU Sragen, Suprapto, menjelaskan tiap kecamatan mendapat jatah enam palet. 

Dia mengatakan palet itu dikirim ke kecamatan sebagai tempat dudukan bagi bilik suara yang akan dikirim Selasa ini. “Palet dikirim dengan armada milik KPU. Pengiriman palet hanya dengan menggunakan satu unit truk karena jumlahnya tidak sebanyak jumlah bilik. Distribusi bilik ke kecamatan nanti oleh PT Pos Indonesia. Kami memang bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk distribusi bilik suara itu,” ujarnya.

Minarso menjelaskan untuk distribusi logistik lainnya masih menunggu logistik surat suara yang dijadwalkan sampai ke KPU Sragen pada Sabtu (2/3/2019). Saat surat suara datang, Minarso menjelaskan KPU harus menggandeng Bawaslu dan Polres Sragen untuk penerimaan surat suara tersebut. 

“Jadi nanti mulai dari pembukaan segel truk dan seterusnya harus ada saksi dari Bawaslu dan Polri,” tambahnya.

Suprapto menambahkan distribusi bilik suara itu ditargetkan selesai dalam sehari. Dia mengatakan bilik suara itu terbuat dari kardus seperti kotak suara. Dia mengatakan bilik suara itu sementara disimpan di kantor kecamatan setempat. 

Untuk penyewaan gudang logistik, kata dia, setelah ada distribusi logistik mulai dari kotak suara dan logistik lainnya. “Nanti setelah kotak suara digeser ke PPK baru ada penjagaan dari polisi. Kalau hanya bilik suara belum perlu dijaga,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sragen, Dwi Budhi Prasetya, meminta kepada KPU Sragen untuk benar-benar memastikan PT Pos Indonesia sebagai pihak yang mendistribusikan logistik pemilu. “Yang dipastikan jumlah armadanya sudah siap atau belum,” tambahnya.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten