SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/litbang-deptan.go.id)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/litbang-deptan.go.id)

WONOSARI—Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada hari ini, Senin (15/10/2012) akan diperingati oleh lembaga swadaya masyarakat dengan peringatan Kenduri Pangan Lokal Masyarakat Gunungkidul di Wonosari.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Pegiat Jejaring Rakyat Mandiri (Jerami) Rino Caroko mengatakan kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dengan Yayasan Satunama dan Association for Community Empowerment (ACE).

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami ingin mengingatkan masyarakat tentang pentingnya pangan lokal,” kata Rino kepada Harian Jogja, Minggu (14/10/2012). Rino mengatakan sejumlah pangan lokal seperti beras mentik wangi sudah sulit ditemui di Gunungkidul.

“Generasi seperti saya saja sudah sulit menemukannya,” kata Rino. Peringatan itu akan digelar sebagai bagian pengenalan bahan makanan lokal kepada masyarakat. Menurutnya, angan lokal itu harus dilestarikan sebagai bagian dari komoditi pangan alternatif.

Kenduri pangan lokal ini diawali Pawai Gunungan dan Tumpeng Pangan Lokal sebanyak 21 buah dari tujuh komunitas tani organik (tumpeng thiwul, tumpeng gatot, tumpeng cenil, tumpeng ketan dan sebagainya).

Pawai akan mengambil rute dari terminal lama menuju Bangsal Sewokoprojo yang akan diiring kesenian tradisional. Acara akan dimulai pukul 08.30 sampai  sampai 13.00 di Bangsal Sewokoprojo dengan perkiraan peserta mencapai 200 orang.

“Rencananya, keynote speakernya adalah Bupati Gunungkidul Badingah,” kata Rino. Peserta peringatan Hari Pangan Seduni 2012 itu antara lain kelompok Greget (Dusun Pringombo, Desa Natah, Kecamatan Nglipar), Kelompok Rukun (Dusun Natah Wetan, Desa Natah).

Kelompok Nritis Handayani (Dusun Kedungpohlor, Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar), kelompok Campursari (Dusun Sinom, Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar), kelompok Taruna Tani Ubet Manunggal (Dusun Tanjung, Desa Bleberan, Kecamatan Playen).

Kelompok Karangjambu (Dusun Peron, Desa Bleberan, Kecamatan Playen) serta kelompok Ngijorejo (Dusun Dengok V, Dusun Dengok, Kecamatan Playen), Kelompok Rigen (Dusun Dusun Dengok I, Desa Dengok, Kecamatan Playen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya