SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA–Jenazah adik kandung GKR Hemas, rencananya dimakamkankan Selasa (25/12/2012) ini.

Keluarga besar Kraton Ngayogyakarta berduka. Adik kandung Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, istri Sultan HB X bernama R Ade Drajad Sustiadi meninggal dunia dalam usia 52 tahun. Almarhum merupakan anak ke enam dari 7 bersaudara dari pasangan R Soepono Digdasastapranata dengan  R Ngt Soesamtilah.

Sementara GKR Hemas anak kedua. Menantu Sultan, KPH Wironegoro mengatakan almarhum meninggal dunia di RS Bethesda Senin (24/12/2012) pukul 09.15 WIB setelah dirawat dua bulan karena sakit gula atau diabetes. R Ade Drajad sudah menikah namun tidak diberi keturunan.

Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka di dalem Prabeyo di jalan Magangan Kulon Nomor 3-4 Jogja masih dalam kompleks Kraton. Rencananya jenazah dimakamkan Selasa (25/12) pukul 10.00 WIB berangkat dari rumah duka menuju makam keluarga Cokrokonteng Sidoarum, Godean, Sleman.

“Besok dimakamkan pukul 10.00 WIB,” katanya disela memberi ucapan natal mewakili Kraton di Gereja ST. Antonius Kota Baru Jogja, Senin (24/12) malam.

Sebelum dimakamkan, jenazah disemayamkan di dalem Prabeyo karena GKR Hemas sebagai tuan rumah. Prabeyo merupakan gedung serbaguna yang juga digunakan untuk koperasi.

Kerabat Kraton KRT Yudahadiningrat Sultan dan GKR Hemas akan melepas jenazah dari dalem Prabeyo namun tidak mengantarkan sampai makam. “Karena sudah adat hanya melepas jenazah,” katanya. Akhirul Anwar/JIBI/Harian Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya