Hari Ini Jembatan Girpasang Diresmikan, Masyarakat: Matur Suwun...

Peresmian jembatan Girpasang, Tegalmulyo, Klaten, bakal dihadiri Ketua DPR RI, Puan Maharani.

 Gondola penumpang berada di dekat jembatan gantung Girpasang yang menghubungkan antara Dukuh Ngringin dan Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Minggu (16/1/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Gondola penumpang berada di dekat jembatan gantung Girpasang yang menghubungkan antara Dukuh Ngringin dan Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Minggu (16/1/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN—Jembatan gantung Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Kamis (20/1/2022) ini bakal diresmikan. Ketua DPR RI, Puan Maharani, dijadwalkan menghadiri peresmian. Selain ke Girpasang, rombongan Puan beserta sejumlah anggota DPR dijadwalkan mengunjungi wilayah Polanharjo.

Salah satu tokoh masyarakat Girpasang, Giyanto, menyampaikan terima kasih dengan rampungnya pembangunan jembatan yang sejak lama diimpikan warga. Jembatan tersebut sangat membantu warga Girpasang dari segi akses juga perekonomian.

PromosiMengenang Kerusuhan Mei 1998 di Solo, Ratusan Toko Dibakar Massa

Matur suwun dari rekan-rekan, pemerintah daerah sampai pemerintah pusat mengabulkan panyuwunnya warga Girpasang. Mudah-mudahan kami bisa memanfaatkannya dengan baik,” kata dia, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: Pekan Ini Jembatan Gantung Girpasang Klaten Segera Diresmikan

Jembatan gantung Girpasang dibangun Kementerian PUPR pada 2021 dan pembangunan rampung pada awal Januari 2022. Jembatan membentang sejauh 120 meter di atas jurang sedalam 150 meter antara Dukuh Ngringin dengan Girpasang, Tegalmulyo. Jembatan itu dibangun untuk memudahkan akses warga Girpasang yang tinggal di punggung bukit lereng Gunung Merapi.

Selama ini, perkampungan Girpasang yang dihuni 12 keluarga terdiri atas 34 jiwa terpisahkan jurang dengan permukiman lainnya di Tegalmulyo. Untuk menjangkau akses kesehatan, ekonomi, hingga pendidikan, warga melintasi jalan setapak dengan lebih dari 1.000 anak tangga di tepian jurang.

Belakangan, jembatan gantung itu memikat pengunjung dari berbagai daerah untuk berdatangan. Mereka penasaran dengan jembatan tersebut dan menjajal menyeberanginya.

Baca Juga: Ada Jembatan Gantung, Perekonomian Girpasang Terdongkrak

Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Tegalmulyo, Purnama, menjelaskan destinasi wisata Girpasang ditutup untuk umum selama sehari pada Kamis (20/1/2022). Penutupan itu dilakukan lantaran ada peresmian jembatan gantung Girpasang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Puan Maharani berkunjung ke sejumlah wilayah di Soloraya, Rabu-Kamis (19-20/1/2022). Kunjungan Puan ke Klaten direncanakan digelar pada Kamis seusai menghadiri peresmian Pasar Legi di Kota Solo.

Setelah dari Solo, rombongan Puan bersama sejumlah anggota DPR RI berkunjung di Kecamatan Polanharjo, Klaten, untuk melakukan penebaran benih ikan di Desa Nganjat.  Setelah mampir di salah satu restoran di wilayah Polanharjo, rombongan bertolak ke Desa  Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang untuk menghadiri peresmian jembatan gantung Girpasang. Dijadwalkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, hadir dalam peresmian jembatan gantung Girpasang pada Kamis.

Baca Juga: Jembatan Girpasang Banjir Pengunjung, Gondola Penumpang Ikut Untung

“Rencana memang ada [dialog dengan warga Girpasang]. Kegiatan tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Plt. Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Pandu Wirabangsa, saat ditemui Solopos.com di Setda Klaten, Rabu.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Arus Lalu Lintas di TKP Kecelakaan Penggung Boyolali Kembali Lancar

Pada Kamis sore, arus lalu lintas di Jalan Solo-Semarang kawasan Penggung Boyolali kembali lancar. 

2 Orang Meninggal, Begini Kronologi Tragedi Gas Bocor Mojosongo Solo

Tragedi tabung gas bocor di salah satu rumah warga yang juga untuk tempat usaha pembuatan tahu di Krajan, Mojosongo, Solo, mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

Keren Lur! WGM Wonogiri akan Dilengkapi Jembatan Kaca Rp4,20 Miliar

Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri bakal menelan anggaran senilai Rp28,9 miliar.

Bawakan Lagu "Rahasia" di Unsa, Geisha dan Astrid Bikin Penonton Riuh

Acara Music Showcase Unsa yang digelar Universitas Surakarta (Unsa) berlangsung meriah. Terlebih saat Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta yang mengelola Unsa, Astrid Widayani, berduet dengan vokalis Geisha.

Adaptif dengan Perubahan, Universitas Surakarta Hadirkan Geisha

Universitas Surakarta (Unsa) menghadirkan grup band Geisha dalam acara Music Showcase Unsa pada Kamis (19/5/2022).

2 Sapi di Plupuh & Tanon yang Terindikasi PMK Dibeli dari 2 Wilayah Ini

Sapi warga Tanon dan Plupuh yang terindikasi terjangkit PMK sebelumnya dibeli dari Purwodadi, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Ngawi.

Revitalisasi WGM Wonogiri Telan Rp28,9 Miliar, Kapan Mulai Digarap?

Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri bakal menelan anggaran senilai Rp28,9 miliar.

Awas, Teknofobia Bisa Hambat Kemajuan Bisnis Pelaku UMKM, Pahami Yuk! 

Teknofobia di kalangan pelaku UMKM harus dihilangkan karena bisa menghambat kemajuan bisnis dan usaha mereka terutama di era digital.

Bawa Produk Garmen, Bus Rosalia Express Masuk Parit di Karanganyar

Menghindari tabrakan, bus Rosalia Express yang mengangkut produk garmen masuk parit di jalan raya Dagen-Tasikmadu, Karanganyar.

Sepatu Aerostreet Klaten: Kualitas Internasional, Harganya Lokal

Kisah unik kali ini datang dari brand sepatu lokal asal Klaten, Aerostreet, yang menjual barang kualitas ekspor dengan harga murah.

Pilkades Baturan Colomadu Digelar 25 Mei, Ini Nama 3 Calon Kadesnya

Salah satu dari tiga calon kades Baturan, Colomadu, Karanganyar adalah pensiunan PNS.

6 Ekor Sapi di Sragen Terindikasi Terkena PMK, Ini Langkah Disnakkan

Enam sapi di dua kecamatan di Sragen terindikasi terjangkit penyakit mulu dan kuku (PMK). Disnakkan bersama BBVet Wates telah mengambil sampel liur sapi tersebut untuk dicek lab.

Seru! Atraksi Paralayang dan Speedboat di Peringatan HUT Wonogiri 2022

Upacara Peringatan HUT ke-281 Kabupaten Wonogiri digelar di Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Kamis (19/5/2022) pagi.

Lokasi Laka Maut 2 Truk di Teras Boyolali Ternyata Rawan Kecelakaan

Untuk mengatasi kerawanan laka, Budi mengatakan Satlantas Polres Boyolali selalu melakukan evaluasi jika di suatu tempat sering terjadi laka lantas.

Kabar Duka, Kades Jambeyan Sragen Meninggal Dunia Mendadak

Kades Jambeyan, Slamet Prabowo, meninggal mendadak pada Rabu (18/5/2022) petang. Ia tidak sakit sebelumnya dan masih datang ke kantor pagi harinya.

7 Rekomendasi Wisata Dekat Stasiun Solo Balapan, Ada yang Buka 24 Jam

Solopos.com merekomendasikan tujuh tempat wisata dekat Stasiun Solo Balapan, ada yang buka 24 jam dan ada yang harus memesan dahulu sebelum berkunjung.