SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)--Gubernur Jateng Bibit Waluyo direncanakan melepas keberangkatan calon jemaah haji (Calhaj) kelompok terbang (Kloter) I Embarkasi Solo, Selasa (12/10) hari ini pukul 08.00 WIB dari Bandara Adisoemarmo Solo.

Kloter I yang berjumlah 380 orang calon jemaah haji (Calhaj) itu berasal dari Kabupaten Jepara, yang terdiri dari 369 orang Calhaj dan 11 orang petugas pendamping.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Humas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Akhmad Su’aidi mengatakan Kloter I Embarkasi Solo itu masuk ke Asrama Haji Donohudan, Senin (11/10) sekitar pukul 08.00 WIB.

Setelah berada di gedung Mudzalifah, para Calhaj ini langsung melakukan pengecekan dokumen dan kesehatan akhir, sebelum memasuki kamar.

Mengenai pemondokan, Su’aidi mengatakan ring satu itu memiliki jarak terdekat dengan Masjidil Haram, yakni sekitar dua kilometer.

“Dengan jarak yang dekat itu, Calhaj tidak perlu menggunakan sarana transportasi. Mereka bisa berjalan kaki ke Masjidil Haram. Sedang yang lain berada di ring dua yang jaraknya maksimal empat kilometer,” ujarnya kepada wartawan, Senin.

Su’aidi menambahkan pemondokan di ring satu itu antara lain di Misfalah, Bakhutuwah, Makasah, Jumaizah Maabdah, Rei Zakhir, Syisyah dan Raudah.

Sementara, Ketua PPIH Embarkasi Solo Imam Haromain mengatakan sebanyak 33.469 Calhaj akan diberangkatkan dari Embarkasi Solo. Dari jumlah itu, sebanyak 29.695 Calhaj berasal dari Jateng, 3.173 dari DIY, 161 Calhaj dari Kalimantan Tengah dan 440 orang petugas.

“Calhaj Kloter I akan menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus 330 bersama Ketua Tim Pemantau Peningkatan Pelayanan Penyelenggaraan Haji (TP4H) Jateng Edi Susanto yang juga Asisten Bidang Kesra Setda Pemprov Jateng,” ujar dia.

Imam menambahkan setelah pemberangkatan Kloter I akan dilanjutkan dengan pemberangkatan Kloter 2 dari Kabupaten Jepara dan Kloter 3 dari Kota Solo.

fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya