SOLOPOS.COM - Taj Mahal. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Taj Mahal di Agra, Uttar Pradesh, India selesai dibangun pada 9 Mei 1653. Taj Mahal dibangun kurang lebih 11 tahun.

Taj Mahal yang selesai pembangunannya merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 9 Mei.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Selain Tah Mahal yang rampung dibangun, masih banyak peristiwa bersejarah pada 9 Mei yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 9 Mei, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1653

Taj Mahal selesai dibangun setelah memakan waktu kurang lebih 11 tahun. Bangunan yang terletak di Agra, Uttar Pradesh, India tersebut dibangun atas perintah Kaisar Mughal Shah Jahan dan dipergunakan sebagai makam istri tercintanya. Pada 1983, Taj Mahal dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Ekspedisi Mudik 2024

1942

Kota Belgrade di Serbia menjadi kota pertama yang digunakan pasukan Jerman untuk melaksanakan pembantaian terhadap orang Yahudi. Pendudukan Jerman di kota tersebut berhasil dijalankan atas bantuan pengkhianat Serbia.

1942

Holocaust yang dilakukan pasukan Jerman di Ukraina dan Belarusia dimulai. Pasukan khusus milik Jerman mengeksekusi 588 warga Yahudi di kota Podolian, Ukraina. Ghetto Zoludek di Belarusia yang berdekatan dengan Ukraina juga dihancurkan dan semua penghuninya yang masih hidup dieksekusi mati.

1945

Dokumen penyerahan tanpa syarat Jerman kepada Sekutu yang dibuat di Rheims, Prancis beberapa hari sebelumnya, disahkan di Berlin Jerman. Dokumen tersebut ditandatangani antara pihak Sekutu dan Jerman.

Vittorio Emanuele III. (Wikipedia.org)

1946

Setelah berakhirnya Perang Dunia II, Raja Italia Vittorio Emanuele III turun dari taktanya atas kemauannya sendiri dan digantikan putranya, Umberto II. Semasa menjabat sebagai raja, Vittorio Emanuele III dituding terlalu banyak bekerja sama dengan Benito Mussolini.

1955

Jerman Barat resmi bergabung dengan NATO. Hal tersebut membuat ketegangan dengan Jerman Timur yang dikontrol Uni Soviet semakin memanas.

1960

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS) menyetujui untuk menggunakan pil sebagai alat kontrasepsi pencegah kehamilan. Hal tersebut untuk mencegah ledakan penduduk di AS. Kini, pil kontrasepsi tersebut digunakan lebih dari 100 juta wanita di seluruh dunia.

1992

Pasukan Armenia berhasil merebut Kota Shusha dari cengkeraman pasukan Azerbaijan dalam Perang Nagorno-Karabakh. Perang Nagorno-Karabakh adalah Perang yang melibatkan pasukan Armenia dan Azerbaijan yang berlangsung sejak 1988 hinggah 1994 dengan hasil kemenangan Armenia.

Neslon Mandela. (Reuters)

1994

Setelah memenangi pemilihan umum secara demokratis pertama di Afrika Selatan (Afsel), Neslon Mandela resmi dilantik sebagai presiden. Nelson adalah orang kulit hitam pertama yang menjadi presiden Afsel.

2004

Presiden Chechnya, Akhmad Kadryov, tewas setelah bom ranjau yang ditanam di bawah kursi yang ia duduki sat menonton parade kemenangan Perang Dunia II meledak. Pemimpin gerakan pemberontak Chechnya, Shamil Basayev, mengklaim dirinya sebagai orang yang bertanggung jawab atas kematian Akhmad Kadryov.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya