Hari Ini Dalam Sejarah: 9 Maret 1769, Napoleon Bonaparte Menikah dengan Janda
Lukisan terkenal karya Jacques-Louis David bertajuk Napoleon Melintasi Alpen. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte menikahi seorang janda beranak dua, Josephine de Beauharnais, 9 Maret 1769.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa ber-sejarah pada 9 Maret.

Selain momen Napoleon Bonaparte menikah, masih banyak peristiwa bersejarah pada 9 Maret yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 9 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Patung Amerigo Vespucci di Uffize, Firenze. (Wikipedia.org)
Patung Amerigo Vespucci di Uffize, Firenze. (Wikipedia.org)

1454

Amerigo Vespucci lahir di Florence, Republik Florence (sekarang di Toskana di Italia). Ia lantas dikenal luas sebagai penjelajah yang menemukan benua baru di belahan barat yang kemudian diberi nama Amerika. Nama Amerika diadaptasi dari nama Amerigo untuk menghormati jasanya sebagai penemu benua yang dianggap baru oleh bangsa Eropa pada saat itu.

1796

Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte menikah dengan seorang janda beranak dua, Josephine de Beauharnais. Setelah dirudung beberapa aksi selingkuh dan kenyataan bahwa Josephine tidak dapat menghasilkan anak bagi Napoleon, keduanya bercerai pada 10 Januari 1810.

1903

Wage Rudolf Supratman lahir di Somongari, Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia—dulu masih bernama Hindia Belanda—dari rahim Siti Senen. Supratman kemudian dikenal luas hingga kini sebagai pengarang lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya.

1916

Ratusan Gerilyawan Meksiko di bawah pimpinan Francisco Villa menyerang Kota Colombus di New Meksiko untuk merebutnya dari tangan Amerika Serikat (AS). Selain memimpin serangan tersebut, Francisco Villa juga berperan dalam sejumlah serangan gerilayawan Meksiko selama Revolusi Meksiko.

1920

Dalam Perang Dunia I, Pasukan Sekutu yang terdiri atas Prancis, Belgia, dan Inggris menyerang sejumlah kota besar di Jerman. Kota di Jerman yang dibombardir pasukan sekutu kala itu ialah Dusseldorf, Duisburg, and Ruhrort.

1945

Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerang Jepang dengan menjatuhkan 2.000 bom di Kota Tokyo. Serangan tersebut diperkirakan telah menewaskan sekitar 80.000 orang. Selain itu, sebagian besar kawasan di Tokyo telah luluh lantak dilalap api.

1956

Pemerintah Inggris yang menguasai Siprus mengusir Uskup Agung Makarios yang saat itu menjabat sebagai pemimpin Siprus untuk mengurangi ketegangan di negara tersebut. Namun yang terjadi adalah sebaliknya, ketegangan justru makin memanas dan pada akhirnya Inggris harus memberikan kemerdekaan kepada Siprus pada 1959.

1957

Gempa bumi berkekuatan 8,3 skala Richter melanda Kepulauan Andreanof, Alaska. Gempa bumi itu memicu gelombang tsunami di Samudra Pasifik yang lantas menyapu sebagian kawasan di Hawaii dan Oahu.

Boneka pertama Barbie yang diperkenalkan pada Maret 1959. (Wikipedia.org)
Boneka pertama Barbie yang diperkenalkan pada Maret 1959. (Wikipedia.org)

1959

Boneka Barbie untuk kali pertama dipamerkan sekaligus dijulal dalam Festival Mainan Amerika di New York, Amerika Serikat (AS). Dalam festival itu, boneka yang diciptakan Ruth Handler tersebut dijual dengan harga US$3.

2014

Sebuah kapal yang mengangkut imigran Afrika tenggelam di laut dekat Yaman. Sebanyak 42 penumpang tenggelam dan 30 lainnya berhasil diselamatkan anggota Angkatan Laut Yaman yang sedang berpatroli.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho