Tutup Iklan
Hari Ini Dalam Sejarah: 9 Juli 1810, Napoleon Bonaparte Kuasai Batavia
Lukisan terkenal karya Jacques-Louis David bertajuk Napoleon Melintasi Alpen. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 9 Juli 1810, Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte menganeksasi Republik Batavia dan mengubahnya menjadi Kerajaan Hollandia.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-190—hari ke-191 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 9 Juli.

Selain Napoleon Bonaparte yang menguasai Batavia, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 9 Juli.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Napoleon Bonaparte yang menguasai Batavia, pada 9 Juli yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 9 Juli:

1810

Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte menganeksasi Republik Batavia dan mengubahnya menjadi Kerajaan Hollandia. Adik Napoleon, Louis Bonaparte, lantas menjadi pemimpin Kerajaan Hollandia. Namun Kerajaan Hollandia runtuh pada 1815 dan digantikan dengan Kerajaan Belanda yang bertahan hingga kini.

1816

Argentina meraih kemerdekaan penuh dari Spanyol. Sebelumnya, Argentina dikuasai Spanyol sejak 1580. Bangsa Spanyol yang kali pertama tiba di Argentina adalah seorang penjelajah bernama Juan Diaz de Solis pada 1516.

1875

Pemberontakan Herzegovina dimulai dengan tujuan menggulingkan pemerintahan Kesultanan Ottoman di wilayah Herzegovina. Pemberontakan itu berlangsung hingga 4 Agustus 1877 dan memicu pemberontakan di wilayah lainnya yang menjadi kekuasaan Kesultanan Ottoman.

1916

Confederacion Sudamericana de Futbol (Conmebol) atau Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan didirikan di Buenos Aires, Argentina. Negara-negara pendiri Conmebol antara lain Argentina, Uruguay, Brasil, dan Cile. Conmebol dibentuk dengan tujuan untuk menaungi sepak bola negara-negara Amerika Selatan. Kini, Conmebol memiliki 10 negara anggota, yakni, Argentina, Bolivia, Brasil, Cile, Kolombia, Ekuador, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela.

1944

Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil merebut Pulau Saipan di Kepulauan Mariana di Samudera Pasifik dari cengkeraman Jepang. Keberhasilan AS itu diraih setelah memenangi Pertempuran Saipan yang berlangsung sejak 15 Juni pada tahun yang sama. Kini, Pulau Saipan masih menjadi milik AS.

1944

Pasukan Finlandia yang dibantu pasukan Jerman berhasil mengalahkan pasukan Uni Soviet dalam Pertempuran Tali-Ihantala di Karelian Isthmus, perbatasan antara Rusia dan Finlandia. Dengan kemenangan itu, pasukan Finlandia juga berhasil menggagalkan upaya invasi yang dilakukan pasukan Uni Soviet. Pertempuran Tali-Ihantala adalah pertempuran terbesar di Eropa bagian utara.

1990

Sepasang bayi kembar lahir di Petropolis, Rio de Janeiro, Brasil yang lantas diberi nama Rafael Pereira da Silva dan Fabio Pereira da Silva. Mereka berdua kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela Manchester United (MU) sejak 2008. Rafael membela MU hingga 2015, sedangkan Fabio hanya sampai 2014.

2002

Uni Afrika dibentuk di Addis Ababa, Etiopia sebagai penerus Organisasi Kesatuan Afrika yang dibubarkan pada hari yang sama. Satu-satunya negara di Benua Afrika yang tak bergabung denga Uni Afrika adalah Maroko.

2011

Sudan Selatan resmi menjadi negara merdeka yang berdiri sendiri. Sebelumnya, Sudan Selatan adalah bagian dari Sudan. Namun, setelah meletusnya konflik beberapa perang saudara, Sudan akhirnya memberikan kemerdekaan kepada Sudan Selatan. Lima hari kemudian, Sudan Selatan resmi menjadi anggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

2013

Sekitar 250.000 orang dari 400 desa di Negara Bagian Assam, India harus mengungsi karena banjir besar. Hujan lebat yang melanda wilayah dekat Assam selama berhari-hari membuat sungai-sungai di Assam meluap dan menggenangi rumah warga.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho