SOLOPOS.COM - Logo Lazio (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — Klub sepak bola Lazio didirikan di Roma, Italia, pada 9 Januari. Lazio bermain di Serie A dan menghabiskan sebagian besar sejarah mereka di level tertinggi. Lazio telah dua kali menjadi juara Italia.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 9 Januari. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 9 Januari yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 9 Januari, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1878

Umberto Ranieri Carlo Emanuele Giovanni Maria Ferdinando Eugenio di Savoia secara resmi dinobatkan sebagai raja di Italia menggantikan ayahnya, Victor Emmanuel II. Ia kemudian lebih dikenal dengan nama Raja Umberto I. Umberto I menjadi salah satu raja Italia paling terkenal karena tindakan otoriter dan represif kepada petani yang melakukan demonstrasi sehingga menyebabkan ratusan petani tewas. Ia memimpin Italia hingga akhir hayatnya pada 29 Juli 1900.

1900

Klub sepak bola Lazio didirikan di Roma, Italia, pada 9 Januari. Lazio bermain di Serie A dan menghabiskan sebagian besar sejarah mereka di level tertinggi. Lazio telah dua kali menjadi juara Italia, tujuh Piala Italia, lima Piala Super Italia. Kemudian masing-masing satu trofi Piala Winners UEFA dan Piala Super UEFA.

Richard Milhous Nixon. (Reuters)
Richard Milhous Nixon. (Reuters)

1913

Richard Milhous Nixon lahir di Yorba Linda, California, Amerika Serikat (AS). Ia kemudian dikenal luas sebagai presiden ke-37 AS yang menjabat dari 1969 sampai 1974. Nixon dikenal sebagai presiden pertama di AS yang mengundurkan diri dari jabatannya.

1916

Sehari setelah Sekutu memutuskan menarik pasukannya dari Gallipoli, Kesultanan Ottoman, pada 9 Januari. Semua tentara Sekutu akhirnya dievakuasi dari wilayah tersebut. Sebelumnya, pasukan Sekutu menyerbu wilayah Gallipoli selama hampir setahun demi merebutnya dari Kesultanan Ottoman. Namun sayangnya, upaya itu gagal.

1917

Pasukan Inggris menyerang pasukan Kesultanan Ottoman di Semenanjung Sinai, perbatasan antara Mesir dan Palestina. Inggris yang keemudian memenangi pertempuran tersebut berhasil merebut wilayah Semenanjung Sinai dari Kesultanan Ottoman.

1918

Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil mengalahkan pasukan Yaqui, pada 9 Januari. Yaqui adalah salah satu suku asli di tanah Amerika—dalam pertempuran di Lembah Beruang, Arizona. Pertempuran itu merupakan yang terakhir terjadi semasa Perang AS-Indian.

1921

Pertempuran antara pasukan Turki dan pasukan Yunani meletus di dekat Inonu, Ekskisehir, Turki. Kemudian pertempuran yang dikenang dengan nama Pertempuran Inonu ini berlangsung selama tiga hari dan berakhir dengan kemenangan Turki. Disebutkan pertempuran Inonu merupakan pertempuran pertama di masa Perang Turki-Yunani.

Johann Strauss III meninggal dunia pada 9 Januari 1939
Johann Strauss III (Wikipedia.org)

1939

Johann Strauss III lahir 16 Februari 1866 dikenal sebagai Johann Maria Eduard Strauss. Dia adalah seorang komponis Austria. Ayahnya adalah Eduard Strauss, paman-pamannya adalah Johann Strauss II dan Josef Strauss, dan kakeknya adalah Johann Strauss I. Johann Strauss III meninggal dunia pada 9 Januari 1939.

1944

James Patrick Page lahir di Heston, Middlesex, Inggris. Namanya kemudian terkenal sebagai gitaris di salah satu band rok ternama legendaris, Led Zeppelin. Pria yang akrab disapa Jimmy Page itu kemudian meraih kesuksesan bersama Led Zeppelin dengan terjualnya lebih dari 300 juta kopi album Led Zeppelin.

Pasukan AS mendarat di Luzon, Filipina, 9 Januari 1945. (Wikimedia.org)
Pasukan AS mendarat di Luzon, Filipina, 9 Januari 1945. (Wikimedia.org)

1945

Pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mendarat di Luzon, Filipina pada 9 Januari. Pasukan AS kemudian menyerang wilayah tersebut demi mengusir pasukan Jepang yang telah berkuasa di Filipina sejak 1942.

1987

Lucas Pezzini Leiva lahir di Dourados, Brasil. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Liverpool. Lucas membela Liverpool selama 10 tahun, dari 2007 hingga 2017. Setelah hengkang dari Liverpool, kini Lucas membela salah satu klub di Italia, S.S. Lazio.

Penyanyi Gombloh (Liputan6.com)

1988

Penyanyi Gombloh meninggal di Surabaya, 9 Januari 1988 pada umur 39 tahun. Gombloh memiliki nama asli Soedjarwoto. Gombloh lahir dalam pengungsian di daerah Tawangsari,Jombang pada 12 Juli 1948. Semenjak kecil sudah mendapat julukan 'Gombloh'. Julukan yang sebenarnya bermakna 'Nggomblohi' atau 'pura-pura bodoh', namun membawa hoki dalam karier bermusiknya.

1996

Kelompok separatis Chechnya yang berniat memisahkan diri dari Rusia menyerang wilayah Kizlyar, Rusia. Dalam salah satu peristiwa di masa Perang Chechnya I itu, ribuan warga sipil lantas menjadi sandera kelompok separatis Chechnya.



 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya