SOLOPOS.COM - Patung perunggu didirkan pada 1985 yang menggambarkan pekerja Jepang datang ke Hawaii pada 1885. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Orang-orang Jepang kali pertama tiba di Hawaii dengan tujuan untuk mencari penghidupan yang lebih baik, 9 Februari 1885.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 9 Februari. Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 9 Februari, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

474
Tarasicodissa atau Trascalissaeus menjadi raja di Romawi Timur dengan julukan Flavius Zeno. Masa kepemimpinannya diwarnai sejumlah pemberontakan dan konflik agama. Ia memimpin Romawi Timur hingga akhir hayatnya pada 9 April 491.

Ekspedisi Mudik 2024

1627
Alessandro Ludovisi dinobatkan sebagai paus dengan sebutan Paus Gregorius XV. Ia menggantikan Paus Paulus V dan digantikan Paus Urbanus VIII.

1885
Orang-orang Jepang kali pertama tiba di Hawaii dengan tujuan untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Mereka sebagian besar berasal dari daerah Hiroshima, Yamaguchi, dan Kumamoto. Kini, Hawaii menjadi bagian dari Amerika Serikat (AS).

Patung perunggu didirkan pada 1985 yang menggambarkan pekerja Jepang datang ke Hawaii pada 1885. (Wikimedia.org)
Patung perunggu didirkan pada 1985 yang menggambarkan pekerja Jepang datang ke Hawaii pada 1885. (Wikimedia.org)

1943
Pertempuran antara Jepang dan Amerika Serikat (AS) di Pulau Guadalkanal berakhir. AS berhasil memenangi pertempuran tersebut dan berhasil merebut Pulau Guadalkanal setelah Jepang menarik kembali semua pasukannya.

1964
Grup band rock n roll legendaris, The Beatles, untuk kali pertama tampil di acara televisi di Amerika Serikat (AS) bertajuk The Ed Sullivan Show yang ditayangkan di stasiun televisi CBS. Tak lama setelah itu, band asal Liverpool tersebut menggelar konser pertama mereka di AS, yakni di Coliseum Washington.

1966
Sebuah reaktor nuklir milik Inggris dibangun di kawasan Dounreay. Reaktor ini diklaim lima kali lebih efisien dibandingkan reaktor nuklir milik Inggris sebelumnya.

Para tokoh utama dalam serial The Simpsons. (Youtube)
Para tokoh utama dalam serial The Simpsons. (Youtube)

1997
The Simpsons berhasil memecahkan rekor sebagai serial animasi prime-time dengan masa pemutaran terlama, yakni 10 tahun. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang serial animasi The Flintstones dengan masa pemutaran enam tahun.

2001
Kapal selam milik Amerika Serikat (AS), USS Greeneville, tak sengaja menabrak dan menenggelamkan kapal latih Ehime-Maru milik Jepang yang dioperasikan Sekolah Perikanan Uwajima.

2004
Aplikasi pengakses Internet bernama Firebird berubah nama menjadi Mozila Firefox. Kini, Mozila Firefox sangat populer di kalangan pengguna Internet.

2011
Serangan bom melanda kampus Universitas Islam di Jalalabad, Afganistan. Otoritas setempat menyatakan serangan yang tercatat sebagai peristiwa penting dalam sejarah dunia itu dilancarkan pihak Taliban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya