Tutup Iklan -->
Hari Ini Dalam Sejarah: 9 April 1942, Amerika Serikat & Filipina Menyerah ke Jepang
Mayor Jenderal Edward King dari Amerika Serikat mendiskusikan syarat menyerah ke Jepang setelah kalah di Filipina. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pasukan Amerika Serikat (AS) dan Filipina secara resmi menyerah ke pasukan Jepang pada 9 April 1942.

Amerika Serikat dan Filipina yang menyerah ke Jepang itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 9 April.

Selain Amerika Serikat dan Filipina yang menyerah ke Jepang, masih banyak peristiwa bersejarah pada 9 April yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 9 April, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Henry V. (Wikipedia.org)
Henry V. (Wikipedia.org)

1413

Henry V dinobatkan sebagai Raja Inggris menggantikan ayahnya, Henry IV. Ia memimpin Inggris hingga akhir hayatnya pada 1422 dan digantikan putraya, Henry VI.

1940

Pasukan Jerman mulai menginvasi Norwegia dan Denmark. Sejumlah kapal perang milik Jerman berlabuh di beberapa pelabuhan di Norwegia. Pada saat yang sama, militer Jerman berhasil menduduki Kota Kopenhagen di Denmark.

1942

Pasukan Amerika Serikat dan Filipina secara resmi menyerah ke pasukan Jepang dan menyerahkan wilayah Semenanjung Bataan kepada Jepang. Sebanyak 70.000 tentara Amerika Serikat dan Filipina digiring oleh pasukan Jepang untuk ditahan.

1945

Kapal perang milik Jerman yang sedang berlabuh di Pelabuhan Kiel, Jerman dan ditinggalkan awaknya untuk bertempur melawan pasukan Uni Soviet di dekat pelabuhan menerima serangan dari pesawat tempur milik Inggris. Inggris yang mengerahkan 300 pesawat tempur berhasil menenggelamkan kapal tersebut.

1957

Terusan Suez di Mesir dinyatakan aman untuk dilintasi kapal setelah pertempuran antara Mesir dan Israel berakhir. Sebelumnya, Israel telah menarik mundur pasukannya dari Terusan Suez.

Gerard Arthur Way. (Liputan6.com)
Gerard Arthur Way. (Liputan6.com)

1977

Gerard Arthur Way lahir di Newark, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Gerard lantas dikenal sebagai vokalis dari band bernama My Chemical Romance. Bersama band tersebut, ia sudah menghasilkan lima album. Sayangnya, Gerard dan para personel lainnya sepakat menyatakan My Chemical Romance bubar pada 2013 lalu.

1991

Georgia menyatakan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Pada tahun yang sama, beberapa negara anggota Uni Soviet juga memisahkan diri yang berujung dengan bubarnya Uni Soviet pada 26 Desember 1991.

1999

Presiden Niger, Ibrahim Bare Mainassara, dibunuh dalam sebuah kudeta militer oleh para tentara di bandar udara di ibu kota Niger, Niamey. Ibrahim Bare Mainassara menjabat sebagai Presiden Niger sejak 1996 setelah berhasil menggulingkan pemerintahan Presiden Mahamane Ousmane.

2003

Pasukan Amerika Serikat (AS) yang menginvasi Irak menghancurkan patung Sadam Hussein. Patung tersebut hancur berkeping-keping setelah dibombardir menggunakan tank. Peristiwa itu juga menandai jatuhnya pemerintahan Sadam Hussein di Irak.

2012

Sebuah bom meledak di sebuah pasar di Kota Baidoa, Somalia. Serangan tersebut menewaskan 12 orang yang terdiri dari wanita dan anak-anak. Kelompok militan Al-Shabab bertanggung jawab atas serangan tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho