Hari Ini Dalam Sejarah: 9 Agustus 1945, Bom Atom Hancurkan Nagasaki
Awan jamur bom atom di Nagasaki, 9 Agustus 1945. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Amerika Serikat (AS) menyerang Kota Nagasaki Jepang dengan menjatuhkan bom atom dari pesawat pengebom B-29 pada 6 Agustus 1945.

Bom atom di Nagasaki itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 9 Agustus.

Selain serangan bom atom di Nagasaki, masih banyak peristiwa bersejarah pada 9 Agustus yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 9 Agustus, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

378

Pertempuran Adrianople antara pasukan Kekaisaran Bizantium dan Kerajaan Visigoth meletus di dekat Adrianople, Turki. Peretempuran tersebut dipicu upaya pasukan Kekaisaran Bizantium yang ingin menguasai wilayah Kekuasaan Kerajaan Visigoth. Pertempuran Adrianople hanya berlangsung selama sehari dan berakhir dengan kemenangan pasukan Kerajaan Visigoth.

1173

Pembangunan Menara Pisa di Piazza dei Miracoli, Pisa, Italia dimulai. Pembangunan tersebut memakan waktu hampir dua abad. Menara Pisa selesai dibangun pada 1372.

1500

Pasukan Kesultanan Ottoman berhasil merebut Kota Methoni di Messenia, Yunani dari kekuasaan Republik Venesia. Pasukan Kesultanan Ottoman telah mengepung kota tersebut sejak 1499. Pengepungan itu menjadi bagian dari Perang Ottoman-Venesia II.

1810

Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte menganeksasi Westphalia menjadi bagian dari wilayah Kekaisaran Prancis. Kini, wiilayah tersebut menjadi kawasan yang dikuasai Jerman.

1914

Pasukan Prancis melakukan serangan pertama di masa Perang Dunia I. Serangan itu ditujukan kepada pasukan Jerman yang ingin menduduki Alsace, Prancis. Jerman yang terus membombardir kawasan tersebut sejak dua hari sebelumnya, baru berhasil mengalahkan Prancis 17 hari kemudian.

1942

Pertempuran Pulau Savo yang melibatkan pasukan Sekutu dan pasukan Jepang di Pulau Savo, Kepulauan Solomon berakhir. Pertempuran yang berlangsung selama dua hari itu berakhir dengan kemenangan pasukan Jepang. Sebanyak 1.077 tentara Sekutu tewas dalam pertempuran tersebut, sedangkan Jepang hanya kehilangan 58 tentaranya.

1944

Serangan Vyborg–Petrozavodsk yang dilancarkan pasukan Uni Soviet di Finlandia berakhir. Atas serangan tersebut, Uni Soviet berhasil menaklukkan kawasan Karelia Timur dan Viborg.

1945

Amerika Serikat (AS) menyerang Kota Nagasaki Jepang dengan menjatuhkan bom atom dari pesawat pengebom B-29. Bom atom yang dijatuhkan di Nagasaki itu diberi nama Fat Man. Serangan tersebut menewaskan sekitar 39.000 sampai 80.000 orang.

1965

Singapura secara resmi meraih kemerdekaan penuh dari Malaysia. Dengan begitu, pemerintah Singapura menetapkan 9 Agustus sebagai hari kemerdekaan.

2013

Amerika Serikat (AS) menarik diplomatnya yang bertugas di Lahore, Pakistan. Langkah tersebut dilakukan setelah adanya ancaman keamanan terhadap diplomat AS di Pakistan. AS juga mengeluarkan peringatan terhadap warganya agar menunda perjalanan ke Pakistan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom