Hari Ini Dalam Sejarah: 9 September 1948, Korea Utara Didirikan
Monumen Korea Utara di Pyongyang. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Kim Il Sung secara resmi mendeklarasikan pendirian negara Republik Demokratik Korea Utara (Korut) pada 9 September 1948.

Pendirian Korea Utara merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 9 September.

Selain pendirian Korea Utara, masih banyak peristiwa bersejarah pada 9 September yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 9 September yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1141

Paskan Kara-Khitan berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Seljuk dalam Pertempuran Qatwan di Samarkand atau kini Samarqand di Uzbekistan. Padahal di awal pertempuran itu, jumlah tentara pasukan Kesultanan Seljuk lebih banyak dibanding tentara yang tergabung di pasukan Kara Khitan. Pasukan Kara Khitan hanya membawa sekitar 20.000 tentara, sedangkan pasukan Kesultanan Kara-Khitan berjumlah sedikitnya 100.000 tentara.

1493

Pertempuran Lapangan Krbava antara pasukan Kesultanan Ottoman dan pasukan Kerajaan Kroasia meletus di Lapangan Krbava, Kroasia. Pertempuran itu dipicu setelah pasukan Kerajaan Kroasia berusaha mengusir pasukan Kesultanan Ottoman. Pertempuran itu akhirnya dimenangi pasukan Kesultanan Ottoman.

1543

Mary Stuart resmi dinobatkan sebagai ratu di Skotlandia saat usianya masih 9 tahun menggantikan ayahnya, James V, yang meninggal beberapa bulan sebelumnya. Mary lantas memerintah Skotlandia hingga 24 Juli 1567.

1939

Pertempuran antara pasukan Jerman dan pasukan Polandia meletus di Semenanjung Hel, Pomeranian Voivodeship, Polandia. Pertempuran itu berlangsung hampir sebulan dan berakhir dengan kemenangan Jerman.

1948

Pekan Olahraga Nasional (PON) I secara resmi dibuka di Kota Solo. Atas peristiwa itu, 9 September lantas ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional di Indonesia.

1948

Kim Il Sung secara resmi mendeklarasikan pendirian negara Republik Demokratik Korea Utara (Korut). Di hari yang sama, Kim Il Sung juga resmi dinobatkan perdana menteri Korea Utara.

1949

Susilo Bambang Yudhoyono lahir di Tremas, Arjosari, Pacitan, Jawa Timur (Jatim). Di usia 55 tahun, pria yang lantas akrab disapa SBY itu terpilih menjadi presiden ke-6 Indonesia. SBY memimpin Indonesia selama dua periode, 2004-2009 serta 2009-2014.

1963

Roberto Donadoni lahir di Cisano Bergamasco, Italia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar di Italia, antara lain AC Milan dan Atalanta. Sejak gantung sepatu pada 2000 silam, Donadoni melatih beberapa klub di Italia. Kini, ia dipercaya menangani Parma sejak 2012.

1991

Oscar dos Santos Emboaba Junior lahir di Americana, Sao Paulo, Brasil. Kini, nama Oscar dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Inggris, Cheslea. Oscar bergabung dengan Chelsea sejak 2012 silam.

2004

Serangan bom bunuh diri terjadi di depan Kedutaan Besar Australia, Kuningan, Jakarta. Serangan itu menewaskan sembilan orang dan melukai lebih dari 150 orang. Pengeboman itu dipercayai dilakukan oleh seorang pengebom bunuh diri bernama Heri Kurniawan alias Heri Golun.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom