Hari Ini Dalam Sejarah: 8 Oktober 1912, Perang Balkan I Pecah
Aksi pasukan Serbian dalam Perang Balkan I. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Montenegro mendeklarasikan perang terhadap Kesultanan Ottoman pada 8 Oktober 1912. Deklarasi perang itu memecah Perang Balkan I yang berlangsung hingga 30 mei 1913.

Pecahnya Perang Balkan I merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 8 Oktober.

Selain Perang Balkan I yang pecah, masih banyak peristiwa bersejarah pada 8 Oktober yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 8 Oktober, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

876

Pertempuran antara pasukan Francia Timur pimpinan Louis III dan pasukan Francia Barat yang dipimpin Charles II meletus di dekat Andernach, yang kini menjadi wilayah Jerman. Pertempuran itu dipicu Charles II yang ingin menguasai wilayah Francia Tengah dan ditentang Louis III. Pertempuran itu berakhir dengan kemenangan pasukan Francia Timur.

1573

Pengepungan yang dilakukan pasukan Spanyol di Alkmaar atau kini Holandia, Belanda yang berlangsung selama hampir dua bulan berakhir. Pengepungan itu berkahir dengan mundurnya pasukan Spanyol dari Alkmaar. Peristiwa itu sekaligus menjadi kemenangan pertama pasukan Belanda dalam di masa Perang 80 Tahun.

1912

Montenegro mendeklarasikan perang terhadap Kesultanan Ottoman dan memecah Perang Balkan I yang berlangsung hingga 30 mei 1913. Montenegro lantas bersekutu dengan Bulgaria, Serbia, dan Yunani. Persekutuan yang lantas dinamai Liga Balkan itu akhirnya berhasil menang dalam perang tersebut dengan merebut beberapa wilayah kekuasaan Kesultanan Ottoman.

1939

Pemimpin Jerman Adolf Hitler secara resmi mengeluarkan surat keputusan untuk memasukkan wilayah Polandia bagian barat dan Kota Bebas Danzig ke wilayah administrasi Jerman. Hal itu menyusul keberhasilan pasukan Jerman dalam invasi ke Polandia yang dilancarkan selama lebih dari sebulan.

1941

Pasukan Jerman tiba di Ukraina dan menduduki wilayah Mariupol. Hal itu memicu ketegangan dengan Uni Soviet dan menyebabkan meletusnya Pertempuran Rostov di Rostov-on-Don, Rusia, dekat Ukraina, pada 21 November pada tahun yang sama. Pertempuran itu berlangsung selama enam hari dan berakhir dengan kemanangan Uni Soviet.

1943

Pasukan Jerman mengeksekusi mati 30 warga sipil di Desa Kallikratis, Pulau Kreta, Yunani. Para warga sipil itu dibantai lantaran menolak pendudukan Jerman di desa tersebut.

1944

Pertempuran antara pasukan Jerman dan pasukan Amerika Serikat (AS) meletus di Bukit Crucifix, Jerman. Pasukan AS berhasil memenangi pertempuran tersebut sekaligus menguasai wilayah Bukit Crucifix.

1990

Polisi Israel membunuh 17 orang Palestina di dekat Masjid Kubah Batu, Yerusalem, Palestina. Selain itu, sekitar 100 orang lainnya terluka akibat aksi polisi Israel itu. Peristiwa itu tak lepas dari konflik Israel-Palestina yang berlarut-larut sejak 1964.

2005

Gempa bumi berkekuatan 7,6 sR mengguncang wilayah Kashmir India dan Kashmir Pakistan. Sedikitnya 86.000 orang tewas dan 69.000 orang terluka akibat bencana tersebut. Selain itu, sekitar 2,8 juta orang kehilangan tempat tinggal mereka.

2009

Pecahan asteroid yang menembus atmosfer bumi meledak di langit Bone, Sulawesi Selatan dan memicu getaran di daratan mencapai 1,9 sR. Ledakan diperkirakan terjadi 10 km dari permukaan bumi. Kekuatan ledakan diperkirakan mendekati 50 kiloton TNT atau sekitar tiga kali kekuatan bom atom yang meledak di Hiroshima, Jepang. Perikraan diameter material yang meledak adalah 10 m, namun pecahan tidak ada yang sampai di permukaan bumi.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom