SOLOPOS.COM - Lukisan karya Francois Clouet yang menggambarkan sosok Mary I. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Ratu Skotlandia, Mary I, dieksekusi mati, 8 Februari 1587. Mary I dituduh terlibat dalam upaya pembunuhan Ratu Inggris, Elizabeth I.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 8 Februari. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 8 Februari yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 8 Februari, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1238
Bangsa Mongol membumihanguskan Kota Vladimir di Rusia. Kota Vladimir merupakan sebuah kota yang terletak 200 km timur Moskow. Pada 2002, kota ini dihuni 315.954 jiwa.

1575
Universitas Leiden Belanda resmi dibuka Pangeran Willem van Oranje. Universitas ini merupakan yang tertua di Belanda. Saat ini, Universitas Leiden memiliki kurang lebih 5.500 anggota staf akademik dan 25.800 mahasiswa.

1587
Ratu Skotlandia, Mary I, dieksekusi mati dengan cara dipenggal kepalanya. Ia dihukum mati atas tuduhan terlibat dalam upaya pembunuhan sepupunya yang tak lain adalah Ratu Inggris kala itu, Elizabeth I.

1601
Pangeran Essex, Robert Devereux, memberontak terhadap kepemimpinan Ratu Elizabeth I. Namun pembertontakan itu tak berlangsung lama dan tak berpengaruh pada stabilitas kerajaan.

1817
Jenderal Juan Gregorio de las Heras dari Argentina menyeberangi pegunungan Andes bersama pasukannya untuk bergabung dengan angkatan darat Chile yang dipimpin Jenderal Jose de San Martin. Hal tersebut merupakan upaya membebaskan Chile dari cengkraman Spanyol.

Ratu Elizabeth II. (Reuters)
Ratu Elizabeth II. (Reuters)

1952
Putri Elizabeth yang memiliki nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary secara resmi mendeklarasikan diri sebagai ratu Inggris Raya sekaligus negara persemakmuran lainnya dengan sebutan Elizabeth II. Elizabeth II merupakan ratu Inggris raya yang menjabat hingga sekarang.

1963
Program siaran televisi berwarna pertama di dunia ditayangkan di Mexico City, Meksiko oleh stasiun televisi XHGC-TV.

1971
Pasukan Angkatan Darat Vietnam melancarkan serangan ke Laos untuk memotong Jalur Ho Chi Minh dan menghentikan infiltrasi komunis ke Vietnam.

Raja Yordania, Hussein bin Talal. (Wikimedia.org)
Raja Yordania, Hussein bin Talal. (Wikimedia.org)

1999
Raja Yordania, Hussein bin Talal, dimakamkan setelah meninggal karena kanker ginjal yang diidapnya sejak lama. Pemakamannya juga dihadiri Presiden Amerika Serikat (AS) kala itu, Bill Clinton, dan juga para mantan presiden AS, seperti George H.W. Bush, Jimmy Carter, serta Gerald R. Ford.

2005
Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas dan Perdana Menteri Israel Ariel Sharon menyatakan gencatan senjata untuk mengakhiri konflik di Timur Tengah. Namun, tak lama setelah pengumuman tersebut, kelompok Hamas menyatakan tak menyutujui gencatan senjata tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya