SOLOPOS.COM - Sekretariat ASEAN di Jl Sisingamangaraja No.70A, Jakarta Selatan. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 8 Agustus 1967, Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara) dibentuk.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-220—hari ke-221 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 8 Agustus.

Promosi Makin Lengkap, Begini Cara Investasi Emas lewat BRImo

Selain ASEAN yang dibentuk, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 8 Agustus.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain ASEAN yang dibentuk, pada 8 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 8 Agustus:

1220

Pertempuran Lihula meletus di Benteng Lihula, Estonia melibatkan pasukan Estonia dan pasukan Swedia. Pasukan Swedia yang sebelumnya telah menguasai Lihula, dikepung pasukan Estonia yang lantas membakar Benteng Lihula. Pengepungan itu mengakibatkan pasukan Swedia mengalami kekalahan. Sebanyak 450 hingga 500 orang Swedia di dalam benteng tewas terbakar.

1918

Pertempuran Amiens antara pasukan Sekutu dan pasukan Jerman meletus di sebelah timur Amiens, Picardy, Prancis. Salah satu pertempuran dalam Perang Dunia I itu berlangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan Sekutu.

1929

Kapal udara milik Jerman, Graf Zeppelin, memulai perjalanannya keliling dunia. Perjalanan pertamanya dimulai dari Lakehurst, New Jersey, Amerika Serikat (AS) dan mendarat di Friedrichshafen, Jerman. Graf Zeppelin lantas terbang ke Jepang dan kemudian melintasi Samudera Pasifik untuk menuju Los Angeles, AS. Setelah menempuh perjalanan panjang selama 12 hari 11 jam, Graf Zeppelin mendarat di lokasi awal pemberangkatannya di Lakehurst, New Jersey, AS.

1945

Uni Soviet mendeklarasikan perang terhadap Jepang. Sehari kemudian, pasukan Uni Soviet menginvasi wilayah kekuasaan Jepang di Manchuria, Mongolia Dalam, Sakhalin, Kepulauan Kuril, dan Korea.

1967

Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand bersepakat membentuk Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara). Kini, ASEAN memiliki 10 negara anggota. Selain negara pendiri tersebut, negara anggota ASEAN antara lain Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

1974

Presiden Amerika Serikat (AS) Richard Nixon mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya sebagai presiden dalam pidato yang disiarkan televisi nasional. Sehari kumudian, jabatan Nixon sebagai presiden AS resmi dilepas. Nixon mengundurkan diri setelah beredar kabar bahwa Kongres akan segera memakzulkan dirinya setelah terlibat beberapa kasus. Hal itu menjadikan Nixon sebagai satu-satunya presiden AS yang mengundurkan diri jabatannya.

1981

Roger Federer lahir di Basel, Swiss. Kini, ia dikenal luas sebagai salah satu pemain tenis terbaik di dunia. Federer adalah pemegang rekor gelar Grand Slam tunggal putra terbanyak sepanjang sejarah dengan 19 gelar.

1998

Konsulat Iran di Mazari-Sharif, Afganistan diserang beberapa orang anggota kelompok Taliban. Serangan tersebut menewaskan 10 diplomat Iran dan seorang wartawan.

2010

Tanah longsor dan banjir lumpur mendera kawasan Zhugqu, Gansu, Tiongkok. Bencana tersebut mengakibatkan sekitar 14.000 orang kehilangan nyawa mereka.

2016

Rumah sakit milik pemerintah Pakistan di Quetta, Pakistan didera serangan teroris yang melakukan serangkaian penembakan dan meledakkan bom bunih diri. Serangan itu menewaskan sekitar 70 hingga 94 orang, dan melukai sekitar 130 lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya