SOLOPOS.COM - Prajurit Amerika Serikat terlibat pertempuran dengan Taliban di Provinsi Kunar, Afganistan. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 7 Oktober 2001, Perang Afganistan meletus setelah pasukan Amerika Serikat (AS) menginvasi Afganistan.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-280—hari ke-281 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 7 Oktober.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Perang Afganistan yang meletus, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 7 Oktober

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain meletusnya Perang Afganistan, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 7 Oktober:

1406

Pasukan Prancis berjumlah 1.000 tentara mendarat di wilayah Jersey, dekat Normandia demi menguasainya. Meski, telah mengalahkan pasukan pertahanan Jersey yang memiliki tentara jauh lebih banyak, yakni 3.000 orang, pasukan Prancis gagal menguasainya.

1513

Pasukan Spanyol dan pasukan Kekaisaran Romawi Suci berhasil mengalahkan pasukan Republik Venesia dalam Pertempuran La Motta di Schio, Veneto, Republik Venesia. Kekalahan itu merupakan salah satu yang terbesar yang dialami Republik Venesia di masa Perang Liga Suci. Di pertempuran itu, Republik Venesia kehilangan lebih dari 4.500 tentaranya.

1571

Pertempuran Lepanto antara pasukan Angkatan Laut Liga Suci—koalisi negara-negara maritim Katolik Eropa yang dirancang Paus Pius V dan dipimpin Laksamana Don Juan de Austria dari Spanyol—dan pasukan Angkatan Laut Kesultanan Ottoman meletus di Teluk Patras, Laut Ionia, antara Italia, Albania, dan Yunani. Pertempuran yang menjadi bagian dari dari Perang Ottoman–Venesia IV dan Perang Ottoman-Habsburg itu berakhir dengan kemenangan pasukan Liga Suci. Kekalahan pasukan Angkatan Laut Kesultanan Ottoman itu merupakan yang pertama sepanjang sejarah.

1919

Koninklijke Luchtvaart Maatschappij (KLM) atau Perusahaan Dirgantara Kerajaan didirikan di Belanda. KLM merupakan maskapai penerbangan tertua yang masih beroperasi hingga saat ini dengan nama sama.

1950

Bunda Teresa mendirikan ordo baru dari agama Katolik dengan nama Misionaris Charitas di Kalkuta, India. Berdasarkan data yang dihimpun pada 2007 silam, ordo tersebut telah memiliki 5.100 suster yang tersebar di 133 negara.

1952

Vladimir Vladimirovich Putin lahir Leningrad, Uni Soviet atau kini Saint Petersburg, Rusia. Kini, ia dikenal luas sebagai presiden ke-2—dari 2000 hingga 2008—dan ke-4—dari 2012 hingga sekarang—di Rusia. Pada 2015 lalu, namanya ditempatkan pada urutan pertama dalam Daftar Tokoh Paling Berpengaruh menurut Majalah Time.

1976

Gilberto Aparecido da Silva lahir di Lagoa da Prata, Brasil. Namanya lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang berkontribusi untuk Tim Nasional Brasil dari 2001 hingga 2010. Ia juga pernah membela salah satu klub besar di Inggris, yakni Arsenal, dari 2002 hingga 2008.

1981

Sutomo atau yang lebih dikenal sebagai Bung Tomo meninggal dunia di Padang Arafah, Arab Saudi pada usia 61 tahun ketika sedang menunaikan salah satu rukun ibadah haji. Bung Tomo merupakan pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat Suarabaya untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

1998

Trent John Alexander-Arnold lahir di Liverpool, Inggris. Kini, ia dikenal luas sebagai bintang muda di dunia sepak bola Inggris yang membela Liverpool. Nama Trent dimasukkan ke skuat senior Liverpool sejak 2016 silam.

2001

Perang Afganistan meletus setelah pasukan Amerika Serikat (AS) menginvasi Afganistan dengan alasan melawan terorisme dengan tujuan menggulingkan kekuasaan Taliban, yang dituduh melindungi kelompok Al-Qaeda, serta untuk menangkap Osama bin Laden. Invasi tersebut juga tak lepas hubungannya dengan Serangan 11 September yang dituduhkan kepada Osama. Hingga kini, perang tersebut belum dinyatakan berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya