SOLOPOS.COM - Jenderal Alfred Jodl menandatangani pernyataan Jerman menyerah ke Sekutu di Rheims, Prancis, 7 Mei 1945. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 7 Mei 1945, Jerman secara resmi menyerah tanpa syarat ke Sekutu. Penyerahan Jerman dalam Perang Dunia II itu ditandai penandatangan sebuah pernyataan oleh Jenderal Alfred Jodl di Rheims, Prancis.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-127—hari ke-128—dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 7 Mei.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Selain Jerman menyerah ke Sekutu, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 7 Mei.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Jerman menyerah ke Sekutu, pada 7 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 7 Mei:

351

Pemberontakan orang-orang Yahudi terhadap pemerintahan Kaisar Romawi Konstantius Gallus pecah di Palestina. Pemberontakan itu disebabkan peraturan-peraturan Kekaisaran Romawi yang dianggap merugikan bagi orang Yahudi.

558

Kubah di Hagia Sophia di Konstantinopel—kini Istanbul di Turki—ambruk karena gempa bumi yang terjadi beberapa bulan sebelumnya. Justinian I selaku Kaisar Bizantium langsung memerintahkan perbaikan di bangunan yang kala itu difungsikan sebagai geraja tersebut.

Istana Versailles di Paris, Prancis. (Wikipedia.org)

1664

Istana Versailles di Paris, Prancis mulai dibangun atas perintah Raja Prancis Louis XIV. Kini, istana tersebut masuk dalam situs warisan dunia UNESCO sejak 1979.

1915

Dalam Perang Dunia I, torpedo milik Jerman berhasil menenggelamkan kapal milik Inggris di dekat Irlandia. Peristiwa itu menewaskan hampir 1.200 orang.

1920

Tentara Polandia bersma pasukan Ukraina berhasil mengusir tentara Rusia yang menguasai Kota Kiev di Ukraina. Meski demikian, Kota Kiev kembali jatuh ke tangan tentara Rusia sebulan kemudian.

1920

Rusia secara resmi memberikan kemerdekaan kepada Georgia. Enam bulan kemudian, pasukan Rusia kembali menginvasi dan menduduki Gerogia.

1941

Dalam Perang Dunia II, pasukan Jerman membombardir Kota Liverpool dan London di Inggris. Pasukan Inggris lantas melancarklan serangan balik dan berhasil menjatuhkan lebih dari 40 pesawat tempur milik Jerman.

1942

Pesawat tempur milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menyerang dan menenggelamkan kapal induk milik Kekaisaran Jepang. Pertempuran tersebut menjadi pertempuran pertama di dunia yang dilakukan angkatan laut tanpa menggunakan kapal.

1945

Jerman secara resmi menyerah tanpa syarat ke Sekutu. Penyerahan Jerman dalam Perang Dunia II itu ditandai penandatangan sebuah pernyataan oleh Jenderal Alfred Jodl di Rheims, Prancis. Menyerahnya Jerman itu sekaligus mengakhiri Perang Dunia II yang berlangsung di Eropa selama kurang lebih enam tahun.

Stadion Highbury. (Wikipedia.org)

2006

Untuk kali terakhir, klub sepak bolah di Inggris, Arsenal, bertanding di Stadion Highbury yang telah digunakan klub tersebut selama 93 tahun. Dalam laga terakhir di Highbury itu, Arsenal berhasil mengalahkan Wigan dengan skor 4-2. Arsenal lantas memiliki stadion baru bernama Stadion Emirates yang digunakan hingga kini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya