Tutup Iklan
Hari Ini Dalam Sejarah: 7 Juli 1937, Jepang Menginvasi China
Tentara Jepang di Shanghai, China, dalam Perang China-Jepang II. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Tentara Jepang yang akan menginvasi wilayah Beijing, China dan bertempur dengan Tentara Revolusioner Nasional China pada 7 Juli 1937.

Jepang yang menginvasi China merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 7 Juli.

Selain Jepang yang menginvasi China , masih banyak peristiwa bersejarah pada 7 Juli yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 7 Juli, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1683

Sultan Sibori dari Ternate menandatangani perjanjian dengan pihak Belanda. Melalui perjanjian tersebut, wilayah Kesultanan Ternate secara resmi menjadi wilayah kekuasaan Belanda.

1846

Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai menginvasi Monterey dan Yerba Buena di California. Invasi itu merupakan awal dari upaya AS untuk merebut wilayah California dari kekuasaan Meksiko.

1892

Organisasi rahasia bernama Katipunan dibentuk di Manila, Filipina. Katipunan dibentuk dengan tujuan untuk memerdekakan Filipina dari Spanyol melalui revolusi. Organisasi ini merupakan organisasi rahasia hingga keberadaannya diketahui pada 1896 dan menyebabkan terjadinya Revolusi Filipina.

1937

Tentara Jepang yang akan menginvasi wilayah Beijing, China dan bertempur dengan Tentara Revolusioner Nasional China. Pertempuran tersebutu meletus setelah pasukan Jepang diadang Tentara Revolusioner Nasional China sebelum tiba di Beijing. Pertempuran tersebut juga menandai dimulainya Perang China-Jepang II yang berakhir pada 9 September 1945 dengan kemenangan China.

1940

Richard Starkey lahir di Liverpool, Inggris. Ia lantas dikenal sebagai drumer pada band legendaris, The Beatles, dengan nama panggung Ringo Starr. Kini di usianya yang ke-78 tahun, Ringo Starr masih aktif dalam dunia musik.

1942

Para wanita tahanan di penampungan di Auschwitz, Polandia dijadikan bahan eksperimen ilmiah oleh pemerintah Jerman. Eksperimen terhadap manusia itu dilakukan para ilmuwan dan dipimpin petinggi polisi Jerman Heinrich Himmler.

Synyster Gates. (Twitter.com)
Synyster Gates. (Twitter)

1981

Brian Elwin Haner, Jr. lahir di Huntington Beach, California, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal luas sebagai gitaris pada band metal Avenged Sevenfold dengan nama panggung Synyster Gates.

2005

Serangkaian serangan bom bunuh diri melanda tiga jalur kereta bawah tanah di London, Inggris dengan empat ledakan. Kejadian tersebut merupakan serangan teroris terburuk kedua di Inggris sejak Perang Dunia II berakhir. Sebanyak 56 orang tewas dan 700 orang luka-luka dalam serangan tersebut. Para pelaku serangan bom itu dituding sebagai anggota Al-Qaeda.

2007

Serangan bom melanda Kota Amrili di Irak. Sebuah bom truk meledak di tengah pasar yang ramai pengunjung. Sebanyak 165 orang tewas dan 255 lainnya luka-luka pada serangan tersebut.

2013

Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) bersepakat membuka kembali Kawasan Industri Kaesong di perbatasan kedua negara. Kawasan tersebut sempat ditutup beberapa bulan sebelumnya karena munculnya ketegangan antara Korut dan Korsel. Kawasan Industri Kaesong adalah kawasan yang dikuasai Korut, namun Korsel diperbolehkan mendirikan pabrik di kawasan tersebut dengan mempekerjakan warga Korut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho