SOLOPOS.COM - Menara Eiffel 15 Maret 1889. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Menara Eiffel di Paris, Prancis dibuka dan pengunjung mulai diperbolehkan masuk dan menaikinya pada 6 Mei 1889. Pengunjung boleh menaiki namun dengan berjalan kaki.

Menara Eiffel yang dibuka merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 6 Mei.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Menara Eiffel yang dibuka, masih banyak peristiwa bersejarah pada 6 Mei yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 6 Mei, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1536

Raja Inggris, Henry VIII, membuat perintah untuk menempatkan Alkitab berbahasa Inggris di setiap gereja di kawasan yang ia pimpin. Perintah tersebut selesai sepenuhnya tiga tahun kemudian.

1782

Istana Raja Thailand mulai dibangun di Bangkok. Pembangunan istana itu dilaksanakan atas perintah Raja Rama I. Pembangunan Istana itu sekaligus membuat ibu kota Thailand berpindah dari Thonburi ke Bangkok.

1889

Para pengunjung Menara Eiffel di Paris, Prancis mulai diperbolehkan masuk dan menaikinya setelah dibuka untuk umum. Meski demikian, pengunjung harus menaiki menara dengan berjalan kaki lantaran belum adanya lift.

Kapal udara Hindenburg terbakar di Lakehurst, New Jersey, AS, 15 Maret 1937. (Wikipedia.org)
Kapal udara Hindenburg terbakar di Lakehurst, New Jersey, AS, 15 Maret 1937. (Wikipedia.org)

1937

Kapal udara milik Jerman, Hindenburg, hangus terbakar hanya dalam waktu beberapa menit setelah hendak mendarat di Lakehurst, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Musibah udara itu menewaskan 35 dari 97 orang yang ada di dalamnya.

1945

Pasukan Sekutu menyerbu pasukan Jerman yang masih menduduki wilayah Praha, Cekoslowakia. Pertempuran kemudian berlangsung selama lima hari dan berakhir dengan kemenangan Sekutu. Perisitwa itu merupakan pertempuran terakhir di Front Timur dalam Perang Dunia II.

1945

Sekutu menyatakan Perang Dunia II yang berlangsung di Eropa telah berakhir. Presiden Amerika Serikat (AS) Harry S. Trauman dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill secara resmi mengumumkan hal tersebut melalui siaran radio dua hari kemudian.

1975

Sebanyak 100.000 orang Armenia berkumpul di Beirut, Lebanon untuk memperingati 60 tahun genosida yang dilakukan pasukan Kesultanan Ottoman terhadap orang Armenia. Pembantaian besar-besaran yang terjadi pada saat Perang Dunia I itu meletus akibat munculnya pemberontakan di Armenia yang kala itu masih dikuasai Kesultanan Ottoman.

1983

Buku harian milik Adolf Hitler yang diklaim keasliannya oleh seorang jurnalis bernama Konrad Kujau dipastikan palsu oleh para ahli. Sebelum dipastikan sebagai hoaks, buku harian tersebut telah beredar selama sepekan melalui salah satu majalah di Jerman.

Dani Alves. (Que.es)

1983

Daniel Alves da Silva dilahirkan di Juazeiro, Brasil. Kini, namanya terkenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela bebera klub besar di Eropa, yakni Sevilla, Barcelona, Juventus, dan Paris Saint-Germain. Kini, pemain yang biasanya dipasang sebagai bek kanan itu membela salah satu klub di Brasil, Sao Paolo.

2001

Paus Yohanes Paulus II menjadi paus pertama yang masuk ke dalam masjid. Kala itu, Paus Yohanes Paulus II memasuki masjid yang berada di Suriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya