Hari Ini Dalam Sejarah: 6 Maret 1204, Prancis Kuasai Normandia
Lukisan yang menggambarkan Philip penobatan II Augustus sebagai raja Prancis. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Sejarah terukir kala pasukan Prancis di bawah pimpinan Raja Philip II Augustus berhasil merebut kawasan Normandia yang dikuasai Inggris dengan membombardir Benteng Chateau Gaillard, 6 Maret 1204.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa ber-sejarah pada 6 Maret. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 6 Maret yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 6 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

961

Pasukan Romawi Timur yang dipimpin Kaisar Nikephoros II Phokas berhasil menaklukan negara bernama Emirat Kreta. Emirat Kreta adalah sebuah negara yang pernah berdiri di Pulau Kreta yang berada di Laut Tengah.

1204

Sejarah mencatat pasukan Prancis di bawah pimpinan Raja Philip II Augustus berhasil merebut kawasan Normandia yang dikuasai Inggris dengan membombardir Benteng Chateau Gaillard. Raja Inggris, John, harus merelakan kawasan Normandia menjadi milik Prancis.

Lukisan karya Marcello Bacciarelli yang menggambarkan Raja Kazimierz IV. (Wikipedia.org)
Lukisan karya Marcello Bacciarelli yang menggambarkan Raja Kazimierz IV. (Wikipedia.org)

1454

Raja Kazimierz IV dari Polandia mengirimkan pasukannya ke Kerajaan Prusia di timur Jerman untuk membantu memperjuangkan kemerdekaan Prusia. Kerajaan Prusia kala itu sedang berjuang melepaskan diri dari kontrol Ksatria Teutonik dari Jerman.

1912

Tentara Italia menjadi militer pertama di dunia yang menggunakan kapal udara dalam perang kala menjatuhkan bom ke perkemahan tentara Kesultanan Ottoman Turki di Kota Janzur, Libya. Peristiwa itu terjadi dalam Perang Italia-Turki.

1957

Ghana memperoleh kemerdekaan penuh dari Inggris. Ghana menjadi negara Afrika dengan penduduk berkulit hitam pertama yang meraih kemerdekaan.

1964

Konstantinus dilantik sebagai raja Yunani setelah ayahnya, Paulus, meninggal dunia pada hari yang sama. Konstantinus memimpin Yunani hingga bubarnya kerajaan karena dihapuskannya sistem monarki setelah kudeta yang dilakukan angkatan laut kerajan tersebut pada 1973.

1964

Petinju ternama asal Amerika Serikat (AS) yang saat itu masih menyandang nama Cassius Clay mengubah namanya menjadi Muhammad Ali setelah memeluk agama Islam. Nama itu diberikan pemimpin Bangsa Islam, Elijah Muhammad. Bangsa Islam adalah organisasi keagamaan di AS yang berdiri pada 1930.

1968

Untuk kali pertama di Amerika Serikat (AS), pelajar sekolah menengah atas melakukan aksi mogok. Pemogokan itu dilakukan siswa keturunan Meksiko yang disebut chicano untuk memprotes perlakuan yang mereka anggap tak setara jika dibandingkan dengan orang kulit putih dalam mendapatkan pendidikan.

1987

Kapal feri MS Herald milik salah satu perusahaan di Inggris, Free Enterprise, terbalik di selat Inggris dan menewaskan 188 penumpang. Kapal tersebut terbalik karena penjaga pintu kargo tertidur dan lupa menutupnya sehingga menyebabkan air memenuhi lambung kapal sebelum ahirnya terbalik.

Kevin Prince Boateng. (Reuters)
Kevin Prince Boateng. (Reuters)

1987

Kevin Prince Boateng lahir di Berlin-Wedding, Berlin Barat, Jerman Barat. Kini ia dikenal sebagai bintang sepak bola yang pernah bermain untuk klub besar di Italia, AC Milan, sebelum bergabung dengan Schalke 04 pada 2013, kemudian pindah ke Las Palmas pada 2016, bergabung dengan Besktas pada 2020 ini. Meski lahir di Jerman, kini Boateng bermain untuk Tim Nasional Ghana setelah pindah kewarganegaraan pada 2010 silam.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho