Tutup Iklan
Hari Ini Dalam Sejarah: 6 Juli 1924, Hujan Meteor Landa AS
Meteor yang jatuh di Johnstown, Colorado, Amerika Serikat (AS), 6 Juli 1924. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 6 Juli 1924, hujan meteor melanda kawasan Johnstown, Colorado, Amerika Serikat (AS)

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-187—hari ke-188 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 6 Juli.

Selain hujan meteor, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 6 Juli.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain hujan meteor, pada 6 Juli yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 6 Juli:

1924

Hujan meteor melanda kawasan Johnstown, Colorado, Amerika Serikat (AS). Dari beberapa meteor yang menghujani kawasan tersebut, yang terbesar memiliki berat 14 pon atau sekitar 6,3 kg.

1939

Pertempuran antara Angkatan Laut Inggris dan Prancis meletus di perairan Grenada. Armada Angkatan Laut Inggris yang berupaya mengusir pasukan Prancis dari Grenada justru kalah dalam pertempuran tersebut. Banyak kalangan menilai Angkatan Laut Inggris tak memiliki strategi yang cukup baik sehingga kalah meskipun membawa kapal dan prajurit yang lebih banyak dibandingkan Prancis.

1941

Pertempuran di Smolensk, Uni Soviet meletus setelah pasukan Jerman menyerang Kota Smolensk. Pasukan Jerman berhasil menang atas Uni Soviet dalam pertempuran tersebut sekaligus merebut Kota Smolensk.

1947

Senapan serbu Avtomatni Kalashnikova atau Automatic of Kalashnikov seri 47 berkode AK-47 mulai diproduksi di Uni Soviet. AK-47 termasuk salah satu senapan serbu pertama di dunia dan hingga kini merupakan senapan serbu yang paling banyak diproduksi.

1953

Tentara Uni Soviet mengeksekusi mati 46 polisi di Jerman timur. Eksekusi itu dilakukan karena 46 polisi tersebut terlibat pemeberontakan para pekerja yang dilakukan beberapa pekan sebelumnya.

1957

John Lennon selaku pimpinan band The Quarry Men untuk kali pertama bertemu dengan Paul Mc Cartney di Woolton Fete, Liverpool, Inggris. Tampil dan bergabungnya Paul Mc Cartney dengan The Quarry Men itu dianggap sebagai cikal bakal terlahirnya band legendaris, The Beatles.

1964

Malawi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Inggris. Sebelumnya, Malawi telah dikuasai Inggris sejak 1889. Dua tahun kemudian, Malawi menjadi negara berbentuk republik.

1967

Perang Saudara Nigeria pecah setelah pasukan Nigeria menyerang pasukan pemberontakan di wilayah tenggara Nigeria yang ingin memisahkan diri dari Nigeria dan membentuk negara bernama Republik Biafra. Perang tersebut berlangsung hingga 1970 dan berakhir dengan kemenangan pasukan Nigeria. Pemimpin pasukan pemberontak, Odumegwu Ojukwu, lantas melarikan diri ke Pantai Gading.

1989

Salah satu bus dari Tel Aviv menuju Yerusalem dibajak di dekat Kiryat Yearim, Israel. Sopir bus ditembak mati dan si pembajak mengarahkan bus ke jurang. Dalam serangan tersebut, 13 warga Israel, dua warga Kanada, dan satu warga Amerika Serikat (AS) tewas. Kelompok jihadis Palestina dituding sebagai pelaku serangan tersebut.

1995

Atas perintah Jenderal Matko Mladic, pasukan Serbia mulai menyerang Kota Sebrenica di Bosnia. Salah satu serangan dalam Perang Bosnia tersebut berujung pada pembantaian. Seluruh warga Sebrenica yang usianya antara 12 tahun dan 65 tahun dibunuh oleh prajurit Serbia. Sementara warga yang usianya di bawah 12 tahun dan di atas 65 tahun dipindahkan ke Kota Tuzla.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho