SOLOPOS.COM - Bendera Jerman Barat yang kini juga sebagai bendera Jerman. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Jerman Barat resmi berdaulat secara penuh pada 5 Mei 1955. Sebelumya, Jerman Barat dikontrol pihak Sekutu—Amerika Serikat (AS) dan Inggris—sejak 1949.

Jerman Barat yang berdaulat menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 5 Mei.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain Jerman berdaulat, masih banyak peristiwa bersejarah pada 5 Mei yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 5 Mei, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1215

Para bangsawan di Kerajaan Inggris mulai menentang Raja John dan menyatakan telah melepaskan kesetiaan mereka. Hal itu adalah salah satu dari serangkaian peristiwa yang berujung lahirnya Magna Carta.

Lukisan karya Sebastiano del Piombo, 1519, yang menggambarkan sosok Christopher Columbus. (Wikimedia.org)
Lukisan karya Sebastiano del Piombo, 1519, yang menggambarkan sosok Christopher Columbus. (Wikimedia.org)

1494

Christopher Colombus mendarat di Jamaika dalam penjelajahannya di kawasan Amerika. Colombus lantas mengklaim wilayah Jamaika menjadi milik Spanyol. Hal itu ia lakukan karena pelayarannya didanai Kerajaan Spanyol.

1818

Karl Heinrich Marx lahir di Trier, Prusia. Ia kemudian dikenal sebagai seorang filsuf, tokoh sosiologi, pakar ekonomi politik dan teori kemasyarakatan. Ia menjadi sangat terkenal karena analisisnya di bidang sejarah yang dikemukakannya di kalimat pembuka pada buku Communist Manifesto. Selain itu, Marx juga dikenal sebagai pencetus ideologi Marxisme.

1821

Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte meninggal dunia pada usia 51 tahun. Ia meninggal akibat kondisi kesehatannya yang memburuk sejak beberapa bulan sebelumnya.

1835

Alat tranportasi berupa kereta api untuk kali pertama digunakan di Eropa. Kereta api tersebut dibuka untuk perjalanan dari Brussels ke Mechelen di Belgia.

1940

Pasukan Norwegia menyerah kepada Jerman setelah hampir sebulan dibombardir. Pihak Norwegia lantas membentuk pemerintahan darurat di London, Inggris.

1944

Pasukan Jerman mengeksekusi mati 216 warga sipil di Desa Kleisoura di Yunani. Pembantaian itu dilakukan sebagai pembalasan atas pembunuhan tiga tentara Jerman oleh gerilyawan Yunani.

Marshal Ivan Konev dari Uni Soviet tiba di Praha setelah bebas dari cengkeraman Jerman, 9 Mei 1945. (Wikipedia.org)
Marshal Ivan Konev dari Uni Soviet tiba di Praha setelah bebas dari cengkeraman Jerman, 9 Mei 1945. (Wikipedia.org)

1945

Pemberontakan di Praha, Ceko dimulai. Pemberontakan tersebut adalah upaya untuk membebaskan Praha dari cengkeraman pihak Jerman.

1955

Jerman Barat meraih kedaulatan penuh setelah sebelumya dikontrol pihak Sekutu—Amerika Serikat (AS) dan Inggris—sejak 1949. Kedaulatan tersebut adalah hasil dari Konvensi Bonn-Paris.

1964

Council of Europe atau Majelis Eropa menetapkan 5 Mei sebagai Hari Eropa. Hari Eropa adalah peringatan tahunan demi merayakan perdamaian dan persatuan negara-negara Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya