SOLOPOS.COM - Surat kabar yang mengumumkan masuknya Jepang ke Batavia. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 5 Maret 1942, Ibu Kota Hindia Belanda—kini Indonesia—yang kala itu masih bernama Batavia direbut pasukan Jepang dari tangan Belanda.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-64—hari ke-65 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 5 Maret.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 5 Maret yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 5 Maret:

363
Kaisar Romawi, Flavius Claudius Julianus, berangkat dari Kota Antiokhia di selatan Turki bersama 90.000 prajuritnya untuk menyerang Kekaisaran Persia yang kala itu dikuasai Dinasti Sasaniyah. Penyerangan yang dilakukan Julianus itu justru membawa dirinya pada kekalahan sekaligus kematian.

John Cabot. (Wikipedia.org)
John Cabot. (Wikipedia.org)

1496
Raja Inggris, Henry VII, memberikan hak khusus kepada penjelajah berdarah Italia, John Cabot. Cabot memiliki hak untuk melakukan penjelajahan ke seluruh dunia dengan dibiayai Kerajaan Inggris.

1811
Pasukan Prancis di bawah pimpinan Claude Victor-Perrin yang menduduki Kota Cadiz, Spanyol berusaha menahan gempuran yang dilakukan pasukan gabungan Spanyol-Inggris-Portugal. Salah satu pertempuran dalam Perang Kemerdekaan Spanyol itu kini dikenang dengan sebutan Pertempuran Barrosa.

1929
Kebakaran besar melanda lokasi digelarnya pameran mobil di California, Amerika Serikat (AS). Kebakaran itu melumat 320 mobil baru yang dipajang di tempat tersebut.

1942
Ibu Kota Hindia Belanda—kini Indonesia—yang kala itu masih bernama Batavia direbut pasukan Jepang dari tangan Belanda. Tetara Jepang berhasil merebut Batavia setelah pasukan Koninklijke Nederlands-Indische Leger (KNIL) atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda meninggalkan ibu kota untuk mengamankan Kota Bandung.

1946
Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill, mengutuk Uni Soviet yang berusaha menyebarkan paham komunisnya di Eropa Barat. Dalam pidatonya kala itu, Churchill juga menciptakan istilah Negara Tirai Besi untuk menjuluki Uni Soviet. Istilah tersebut lantas digunakan oleh banyak politikus dan media massa dalam menyebut Uni Soviet.

1953
Pemimpin Uni Soviet, Josef Stallin, meninggal dunia setelah terserang strok selama empat hari. Ia memimpin Uni Soviet selama lebih dari 30 tahun hingga akhir hayatnya.

1956
Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) melarang sekolah-sekolah negeri di AS memisahkan siswanya yang berkulit hitam dengan yang berkulit putih. Universitas North Carolina menjadi universitas pertama di AS yang menerapkan aturan tersebut.

Jim Morrison. (Billboard.com)
Jim Morrison. (Billboard.com)

1969
Vokalis grup band The Doors, Jim Morrison, ditangkap polisi beberapa hari setelah tampil di Miami. Jim Morrison diringkus polisi karena dianggap telah berperilaku tak senonoh saat menghibur penonton di Miami.

1997
Setelah 25 tahun tak sudi melakukan pertemuan untuk keperluan apa pun, Korea Utara dan Korea Selatan akhirnya melakukan sebuah perundingan perdamaian. Pertemuan kedua negara itu dilaksanakan di New York, Amerika Serikat (AS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya