SOLOPOS.COM - Pemimpin kudeta di Pakistan pada 1977, Jenderal Muhammad Zia Ul Haq. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Sebuah kudeta militer meletus di Pakistan pada 5 Juli 1977.

Kudeta di Pakistan merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 5 Juli

Promosi BRI Jadi Perusahaan Pertama Penuhi Standar Prisma Versi Kemenkumham

Selain Kudeta di Pakistan, masih banyak peristiwa bersejarah pada 5 Juli yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 5 Juli, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1594

Pasukan Portugal yang dipimpin Pedro Lopes de Sousa mulai menginvasi Kerajaan Kandy di Sri Lanka. Invasi tersebut memicu beberapa pertempuran hingga 9 Oktober di tahun yang sama. Setelah bertempur selma beberapa bulan, pasukan Portugal akhirnya meenyerah dan meninggalkan wilayah Kerajaan Kandy.

1811

Venezuela mendeklarasikan kemerdekaannya dari Spanyol. Deklarasi itu memicu Perang Kemerdekaan Venezuela yang berlangsung hingga 1823. Setelah Spanyol kalah dalam perang tersebut, Venezuela lantas menjadi bagian dari Kolombia Raya hingga 1830.

1946

Baju renang jenis bikini untuk kali pertama diperkenalkan di Paris, Prancis. Bikini adalah pakaian yang dirancang oleh peracang asal Prancis, yakni Louis Reard.

1950

Parlemen Israel mengesahkan undang-undang yang memperbolehkan semua orang Yahudi di seluruh dunia untuk kembali ke Israel. Selain itu, semua orang Yahudi diberi hak untuk menetap di Israel.

1950

Untuk kali pertama, orang Amerika Serikat (AS) terbunuh dalam Perang Korea. Orang tersebut adalah seorang prajurit anggota Regu Bazoka AS bernama Kenneth R. Shadrick.

1975

Cape de Verde meeraih kemerdekaan penuh dari Portugal. Sebelumnya, Cape de Verde menjadi wilayah kekuasaan Portugal sejak 1462.

1977

Sebuah kudeta militer meletus di Pakistan. Kudeta yang dipimpin Jenderal Muhammad Zia Ul Haq itu berhasil menggulingkan pemerintahan Zulfikar Ali Bhutto.

1979

Shane Steven Filan lahir di Sligo, Irlandia. Ia lantas dikenal sebagai salah satu personel boyband Westlife. Setelah Westlife bubar pada 2012 silam, Shane memulai kariernya sebagai penyanyi solo dan merilis album bertajuk You and Me pada 2013 lalu.

1996

Untuk kali pertama di dunia, para ilmuwan berhasil menciptakan domba hasil peengkloningan. Para ilmuwan melakukan proses pengkloningan itu di Institut Roslin di Irlandia. Domba tersebut lantas diberi nama Dolly dan mampu bertahan hidup hingga 14 Februari 2003.

2004

Pemilihan presiden yang dilakukan langsung oleh masyarakat dilakukan di Indonesia. Pemlihan presiden langsung itu diikuti lima pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni Wiranto-Salahuddin Wahid, Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi, Amien Rais-Siswono Yudo Husodo, Susilo Bambang Yudhoyono-Muhammad Jusuf Kalla, dan Hamzah Haz-Agum Gumelar. Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Muhammad Jusuf Kalla berhasil menjadi presiden dan wakil presiden terpilih dalam pemilihan langsung pertama itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya