Hari Ini Dalam Sejarah: 5 Agustus 1962, Marilyn Monroe Tewas
Marilyn Monroe sedang berpose untuk para fotografer saat pemfilman adegan jalur subway untuk The Seven Year Itch pada September 1954. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 5 Agustus 1962, Aktris, model, dan penyanyi asal Amerika Serikat (AS), Norma Jeane Mortensonalias alias Marilyn Monroe, ditemukan tewas di rumahnya di Los Angeles, California, AS.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-217—hari ke-218 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 5 Agustus.

Selain Marilyn Monroe yang tewas, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 5 Agustus.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Marilyn Monroe yang tewas, pada 5 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 5 Agustus:

1278

Pengepungan Algeciras demi merebut Kota Algeciras di Spanyol yang dikuasai Kesultanan Maroko oleh pasukan Kerajaan Kastilia berakhir. Meskipun telah mengepung kota tersebut selama hampir sebulan, pasukan Kerajaan Kastilia gagal merebut Kota Algeciras.

1824

Pasukan Yunani pimpinan Georgios Sachtouris mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman yang dipimpin Husrev Pasha dalam Pertempuran Samos di dekat Samos, Yunani. Pertempuran itu adalah salah satu perjuangan orang Yunani meraih kemerdekaan dari Kesultanan Ottoman.

1930

Neil Alden Armstrong lahir di Ohio, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal luas sebagai orang yang diklaim NASA kali pertama menginjakkan kaki di Bulan. Armstrong meninggal dunia 25 Agustus 2012 karena beberapa penyakit yang ia derita.

1940

Uni Soviet secara resmi menganeksasi Latvia. Latvia menjadi negara ke-15 yang bergabung dengan Uni Soviet. Meski demikian, Jerman menyatakan aneksasi Uni Soviet terhadap Latvia itu tidak sah.

1941

Pertempuran Smolensk yang melibatkan pasukan Uni Soviet dan pasukan Jerman di Smolensk, Rusia berakhir dengan kemenangan Jerman. Pertempuran tersebut berlangsung sejak 6 Juli di tahun yang sama. Akibat kekalahan itu, 300.000 tentara Uni Soviet ditangkap pasukan Jerman.

1944

Sedikitnya 1.104 tahanan perang asal Jepang berusaha melarikan diri dari penampungan di dekat Crowa, New South Wales, Australia. Sebanyak 231 tahanan tewas terbunuh, sementara sisanya berhasil ditangkap tentara Australia.

1944

Pasukan Jerman memulai pembantaian terhadap warga sipil dan tahanan perang di Wola, Warsawa, Polandia. Sebanyak 40.000 jiwa hingga 50.000 jiwa melayang dalam pembantaian yang berlangsung selama sepekan itu.

1962

Aktris, model, dan penyanyi asal Amerika Serikat (AS), Norma Jeane Mortensonalias alias Marilyn Monroe, ditemukan tewas di rumahnya di Los Angeles, California, AS. Ia diduga tewas karena bunuh diri. Semasa hidupnya, Monroe dikenal sebagai aktris dengan bayaran paling tinggi di AS.

1974

Kajol Mukherjee lahir di Mumbai, India. Kini, ia dikenal sebagai aktris ternama asal India. Sejak memulai karier sebagai aktris pada 1992, Kajol sudah membintangi tak kurang dari 39 judul film layar lebar.

2003

Serangan bom terjadi di Hotel JW Marriot, Jakarta, Indonesia. Serangan itu menewaskan 12 orang dan melukai 150 lainnya. Organisasi Jemaah Islamiyah dan Al-Qaeda dituding sebagai otak di balik serangan tersebut.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom