SOLOPOS.COM - Gambaran duel antara Ali bin Abi Thalib dan Amr bin Abd Wad dalam Pertempuran Khandaq. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pertempuran Khandaq yang melibatkan pasukan Islam dalam melawan pasukan Quraisy dan Yahudi meletus pada 31 Maret 672.

Pertempuran Khandaq merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 31 Maret.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain Pertempuran Khandaq, masih banyak peristiwa bersejarah pada 31 Maret yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 31 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

307

Kaisar Romawi Konstantinus Agung menikahi Fausta, putri dari Maximian, seorang mantan kaisar Romawi. Sebelum menikahi Fausta, Konstantinus telah menceraikan Minervina, wanita yang sudah bersamanya selama empat tahun.

627

Pasukan Quraisy dan pasukan Yahudi mengepung pasukan Islam di Madinah. Pengepungan tersebut berlangsung selama 27 hari. Pasukan Islam pimpinan Nabi Muhammad yang dikepung berhasil mengalahkan pasukan Quraisy dan Yahudi. Padahal, dalam peristiwa yang juga dikenal dengan nama Pertempuran Khandaq itu, pasukan pasukan Quraisy dan Yahudi mengerahkan 10.000 parjurit, sedangan pasukan Islam hanya mengerahkan 3.000 prajurit.

Lukisan karya Godfrey Kneller, 1689, yang menggambarkan Issac Newton saat berusia 46 tahun. (Wikipedia.org)
Lukisan karya Godfrey Kneller, 1689, yang menggambarkan Issac Newton saat berusia 46 tahun. (Wikipedia.org)

1727

Seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, kimiawan, dan teolog dari Inggris, Isaac Newton, meninggal dunia pada usia 84 tahun. Newton dikenal luas sebagai orang yang mengemukakan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad.

1889

Menara tertinggi di Prancis, Menara Eiffel, resmi dibuka. Nama menara ini diambil dari nama belakang sang arsitek yang mendesainnya, Gustave Eiffel. Dibukanya Menara Eiffel yang memiliki tinggi 325 meter itu sekaligus sebagai tanda seratus Revolusi Prancis.

1917

Amerika Serikat (AS) mengambil alih wilayah Kepulauan Hindia Barat Denmark dengan memberikan uang senilai US$25 juta kepada Denmark. AS lantas mengubah nama kepulauan itu menjadi Kepulauan Virgin yang digunakan hingga sekarang.

1940

Perdana Menteri Inggris Winston Churchill memberikan peringatan kepada semua negara anggota Sekutu untuk mewaspadai serangan Jerman. Ia menyatakan satu juta tentara Jerman telah tiba di dekat Belgia, Belanda, dan Luksemburg.

1949

Newfoundland dan Labrador bergabung dengan Kanada dan menjadi porvinsi ke-10 di Kanada. Newfoundland dan Labrador sebelumnya adalah kawasan kekuasaan Inggris. Wilayah ini letaknya berdekatan dengan Quebec.

1991

Georgia memisahkan diri dari Uni Soviet dan menjadi negara berdaulat yang berdiri sendiri. Hampir 99% pemegang hak suara di negara tersebut memilih untuk memisahkan diri dari Uni Soviet.

Logo Pakta Warsawa. (Wikipedia.org)
Logo Pakta Warsawa. (Wikipedia.org)

1991

Pakta Warsawa, sebuah aliansi militer negara-negara Blok Timur di Eropa Timur resmi bubar. Pakta Warsawa didirikan pada 1955 dan bertujuan mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman dari NATO.

2013

Pasukan Nigeria mengklaim telah menewaskan 14 anggota kelompok militan yang merupakan bagian dari kelompok pemberontak Boko Haram di Kota Kano. Militer Nigeria menyatakan kelompok tersebut bertanggung jawab atas sebuah serangan di Nigeria beberapa waktu sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya