Hari Ini Dalam Sejarah: 30 November 1939, Perang Musim Dingin Pecah
Pasukan Finlandia dengan senapan mesinnya dalam Perang Musim Dingin. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 30 November 1939, Perang Musim Dingin antara pasukan Rusia dan pasukan Finlandia meletus.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-334—hari ke-335 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 30 November

Selain meletusnya Perang Musim Dingin, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 30 November.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain meletusnya Perang Musim Dingin, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 30 November:

977

Kaisar Romawi Suci Otto II menarik pasukannya yang sedang mengepung Kota Paris. Hal itu dilakukan lantaran pasukan Kekaisaran Romawi Suci yang mulai melemah setelah beberapa divisinya dikalahkan pasukan Kerajaan Franka Barat pimpinan Lothair III.

1718

Kaisar Swedia Charles XII tewas kala mengepung wilayah Fredriksten di Norwegia. Kematian sang kaisar itu membuat pasukan Swedia mundur dan membatalkan niat menguasai Fredriksten.

1835

Samuel Langhorne Clemens lahir di Florida, Missouri, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal sebagai seorang penulis dengan nama Mark Twain. Beberapa karyanya sangat terkenal dan menjadi bahan pembelajaran di sekolah-sekolah sastra. Bahkan, beberapa pihak menyebut Mark Twain sebagai Bapak Sastra AS.

1853

Pertempuran antara pasukan Kekaisaran Rusia dan pasukan Kesultanan Ottoman meletus di Pelabuhan Sinop di Laut Hitam yang dikuasai Rusia. Pertempuran itu dipicu kapal milik Ottoman yang bersandar di Pelabuhan Sinop lantaran cuaca buruk. Rusia yang memang sedang bersitegang dengan Ottoman mengira kapal Ottoman itu hendak menyerang pasukan Rusia. Maka dari itu, Rusia lantas melancarkan serangan terlebih dahulu dan timbul pertempuran.

1939

Pasukan Rusia memasuki Finlandia dan mulai meledakkan bom di beberapa tempat di ibu kota Finlandia, Helsinki. Hal itu lantas memicu perang yang berlangsung selama lebih dari tiga bulan. Perang tersebut kini dikenang dengan sebutan Perang Musim Dingin lantaran memang terjadi saat musim dingin.

1942

Pasukan Angkatan Laut Jepang berhasil mengalahkan pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di perairan dekat Tassafaronga, Guadalkanal, Kepulauan Solomon. Dalam pertempuran memperubtkan Pulau Guadalkanal itu, AS harus merelakan satu kapal penjelajahnya tenggelam dan tiga kapal lainnya rusak berat, serta 395 tentaranya tewas. Sedangkan Jepang harus membayar kemenangannya dengan satu kapal perusak yang tenggelam dan 197 tentaranta yang tewas.

1960

Gary Winston Lineker lahir di Leicester, Inggris. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela Barcelona dari 1986 sampai 1989, dan Tottenham Spurs dari 1989 hingga 1992. Bersama Barcelona, Lineker mencetak 42 gol dari 103 penampilannya di Liga Spanyol, sedangkan bersama Tottenham Hotspurs dirinya mencetak 67 gol dari 105 pertandingan di Liga Inggris.

1966

Barbados meraih kemerdekaan dari Inggris setelah dikuasai sejak 1625. Barbados merupakan negara kepulauan yang terletak di perbatasan Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Sebelum menjadi wilayah jajahan Inggris, Barbados merupakan kepulauan tak berpenghuni.

1971

Iran secara resmi berhasil merebut Pulau Tunb Besar dan Pulau Tunb Kecil dari Uni Emirat Arab. Namun demikian, Uni Emirat Arab masih mengklaim kekuasaanya di dua pulau tersebut hingga kini.

2013

Paul William Walker IV tewas dalam kecelakaan mobil di Santa Clarita, California, Amerika Serikat (AS) saat pulang dari suatu acara amal. Paul yang meninggal di usia 40 tahun merupakan aktor ternama yang sudah membintangi sejumlah judul film layar lebar. Peran Paul yang bisa dibilang sangat melekat di benak penikmat film adalah kala dirinya memerankan Brian O’Conner dalam film berseri, Fast and Furious.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom